Truk Terbakar di Tol, Ini Pentingnya Kelengkapan APAR di Kendaraan

Kompas.com - 24/05/2021, 18:42 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Terjadi peristiwa kebakaran truk di ruas Jalan Tol Mojokerto-Jombang, tepatnya pada kilometer 699-700, Senin (24/5/2021).

Dilansir dari unggahan dalam grup Facebook Info Kecelakaan Hari Ini, truk yang mengalami kebakaran sedang mengangkut muatan kertas. Tidak ada kendaraan lain yang terlibat dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Berkaca dari kasus tersebut, perlu dipahami kembali pentingnya menyiapkan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dalam kendaraan baik mobil pribadi maupun kendaraan niaga. Dengan tersedianya APAR, jika terjadi kebakaran bisa segera ditangani.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Jalan Beton Bikin Ban Mobil Cepat Aus?

Budiyanto selaku pemerhati masalah transportasi mengatakan, menyiapkan APAR dalam kendaraan jadi salah satu langkah preventif untuk mencegah kerusakan akibat kebakaran yang lebih parah.

“Adanya APAR minimal kalau terjadi kebakaran ada tindakan yang cepat atau preventif sehingga kebakaran tidak menjalar yang lebih besar atau untuk menekan resiko yang lebih besar,” kata Budiyanto kepada Kompas.com belum lama ini.

Jusri Pulubuhu selaku Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menambahkan, peletakan APAR haruslah di lokasi yang mudah dijangkau oleh pengemudi dan penumpang lainnya.

Baca juga: Catat, Berikut Jadwal SIM Keliling di Bekasi Kota Pekan Ini

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di mobilPistonheads.com Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di mobil

“Mudah dijangkau dan terlihat, itu yang penting. Ketika terjadi percikan api, pengendara sudah bisa lebih sigap mengambil APAR, tak membutuhkan waktu lama," kata Jusri.

Ia pun menambahkan, jika APAR mudah terlihat, maka pengendara juga bisa mengecek secara rutin kondisinya, terutama soal usia pakai yang harus diperhatikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.