Perusahaan Ini Kembangkan Sabuk Pengaman Buat Motor

Kompas.com - 23/05/2021, 11:41 WIB
|

MILAN, KOMPAS.com - Italdesain, perusahaan pengembang teknologi kendaraan mematenkan teknologi sistem sabuk pengaman untuk sepeda motor.

Dengan teknologi baru ini pengendara akan terlindungi jika terjadi kecelakaan. Selain itu juga bisa dikembangkan tak hanya motor, tapi untuk roda tiga dan roda empat.

Baca juga: Uji Coba Road Bike, Lalu Lintas di JLNT Kampung Melayu - Tanah Abang Direkayasa

Sabuk pengaman sepeda motorFoto: Motorbeam Sabuk pengaman sepeda motor

Mengutip Motorbeam, cara kerjanya ialah memakai semacam tempat duduk atau sandaran keras seperti cangkang. Sandaran tersebut dilengkapi dengan sabuk pengaman 4 titik.

Sandarannya diklaim nyaman dan bisa disesuaikan. Tempat duduk itu juga dipasang disemacam ball joint agar pengendara bisa bebas bergerak.

Idenya ialah jika terjadi tabrakan maka sensor dan modul elektronik akan membaca dan memutuskan apakah kursi sandaran dengan sabuk pengaman itu dilepas atau tidak.

Baca juga: Begini Metode Tambal Ban Tubeless yang Benar

Sabuk pengaman sepeda motorFoto: Motorbeam Sabuk pengaman sepeda motor

Dalam suatu kasus ada baiknya sandaran tidak dilepas supaya pengendara tidak terlempar. Tapi di banyak kasus juga baiknya dilepas agar keadaan pengendara tidak parah.

Belum dijelaskan apakah tenologi sabuk pengaman buat motor ini akan masuk jalur produksi atau tidak. Sebab paten biasanya untuk mengamankan kekayaan intelektual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber motorbeam


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.