Tak Tertarik Jajal WSBK, Lorenzo Anggap Superbike Beda Kelas

Kompas.com - 21/05/2021, 16:21 WIB
Jorge Lorenzo bersiap dengan seragam balap sebelum menjajal Sirkuit Sepang sebagai test rider Yamaha pada Jumat (7/2/2020). @YAMAHAMOTOGPJorge Lorenzo bersiap dengan seragam balap sebelum menjajal Sirkuit Sepang sebagai test rider Yamaha pada Jumat (7/2/2020).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan pebalap MotoGP Jorge Lorenzo mengatakan tidak tertarik balapan di ajang WorldSBK. Juara Dunia MotoGP tiga kali itu melihat WSBK bukan kelasnya.

“Saya akan membuat Anda mengerti: ketika seseorang telah mengendarai Ferrari atau Lamborghini, sulit untuk mengalahkan kategori tersebut,” kata Lorenzo melansir Visordown, Jumat (21/5/2021).

Baca juga: Belum Fit, Jorge Martin Tentatif Balapan di Mugello

"Ketika Anda telah mengendarai yang terbaik, Formula 1 di sepeda motor (MotoGP), Superbike nampaknya sedikit (kurang menarik) bagi Anda, di semua tingkatan," katanya.

Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, PortugalYamaha MotoGP Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, Portugal

WSBK kata Lorenzo punya bagiannya sendiri. Balapan yang menarik dari sisi yang berbeda. Sama dengan MotoGP juga punya hal yang tidak ada di WSBK.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ini kejuaraan yang berbeda, memiliki kekuatan dan minat seperti balapan dengan motor jalan raya, atau fakta bahwa paddock lebih familiar," kata Lorenzo.

"Tapi MotoGP adalah yang terbaik. Ketika Anda menjadi juara dunia di sana tiga kali, Anda menjalani karir selama delapan belas tahun, bahkan tulang punggung Anda patah, lalu pindah ke Superbike...," katanya mempertanyakan.

Sebetulnya tak sedikit para pebalap MotoGP yang pindah ke WSBK dan terbukti berhasil. Salah satunya ialah Max Biaggi. Rival Valentino Rossi di awal milenium.

Baca juga: Ada Rencana Kenaikan PPN, Begini Tanggapan Industri Otomotif

Jorge Lorenzo saat balapan di Valencia, Spanyol. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)JOSE JORDAN Jorge Lorenzo saat balapan di Valencia, Spanyol. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)

Mad Max panggilan Biaggi balapan di WSBK pada kurun 2006-2012. Selama itu dia berhasil merebut dua kali juara dunia WSBK yakni pada musim 2010 dan 2012.

Selain Biaggi, ada beberapa pebalap MotoGP lain yang menjajal WSBK, seperti Alvaro Bautista, Carlos Checa, Sylvain Guintoli dan Nicky Hayden.

“Ujung-ujungnya, ada pebalap yang suka balapan motor untuk kesenangan berkendara, dan ada juga yang melakukannya untuk kesenangan dan menang," kata Lorenzo.

"Saya termasuk dalam kategori kedua ini, dan melakukannya, hal terbaik yang pernah saya lakukan dalam hidup adalah mengendarai sepeda motor!,” kata X Fuera.



Sumber visordown
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.