Kompas.com - 18/05/2021, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus masih jadi sarana transportasi umum yang dimanfaatkan sebagian besar masyarakat untuk melakukan perjalanan lintas daerah via jalur darat.

Sehubungan dengan berakhirnya larangan mudik Lebaran 2021 pada Senin (17/5/2021), berbagai Perusahaan Otobus (PO) telah mengumumkan perubahan tarif terbaru untuk layanan bus AKAP mereka.

Salah satu PO yang telah mengumumkan tarif terbarunya adalah PO Blue Star. Penyesuaian harga tiket tidak dilakukan secara bertahap namun langsung dikembalikan ke harga normal.

Baca juga: Motor Masuk Jalur Cepat Tiba-tiba, Salah Satu Potensi Kecelakaan

Salah satu armada bus AKAP milik Blue StarAkun Facebook Judi Black Bejeu Salah satu armada bus AKAP milik Blue Star

Dari informasi yang diberikan oleh agen Blue Star di bilangan Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat, harga tiket terbaru sudah berlaku mulai Selasa (18/5/2021).

Untuk kelas layanan VIP tujuan Jawa Tengah, tarifnya sebesar Rp 180.000. Di Jawa Tengah, daerah tujuannya adalah Semarang, Ungaran, Bawen, Salatiga, Sruwen, Ampel, Boyolali, Kartasura, Solo, dan Sragen.

Sementara untuk kelas layanan yang sama tujuan Jawa Timur, harga tiketnya Rp 200.000. Tujuan bus AKAP Blue Star di Jawa Timur meliputi daerah Gendingan, Sidowayah, Ngawi, Geneng, Maospati, Magetan, Madiun, dan Ponorogo.

Baca juga: Pilihan SUV Bekas Harga di Bawah Rp 70 Juta di Jawa Tengah

Potret konfigurasi kursi bus AKAP PO Blue StarDokumen PO Blue Star Potret konfigurasi kursi bus AKAP PO Blue Star

Bus AKAP milik Blue Star dengan kelas layanan VIP memiliki konfigurasi tempat duduk 2-2 dan total kursi berjumlah 36.

Saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu, agen Blue Star Margonda menyebutkan beberapa fasilitas yang didapatkan penumpang untuk kelas layanan tersebut.

Penumpang akan mendapatkan fasilitas air mineral, makanan ringan, dan toilet. Sayangnya kursi pada bus AKAP milik Blue Star ini belum dilengkapi dengan sandaran kaki sehingga penumpang tidak bisa meluruskan kaki saat duduk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.