Pemkab Banyuwangi Mulai Layani Pendaftaran Uji Kir secara Online

Kompas.com - 11/05/2021, 10:12 WIB
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat meluncurkan program Banyu Arum di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan, Senin (10/5/2021). Pemkab BanyuwangiBupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat meluncurkan program Banyu Arum di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan, Senin (10/5/2021).

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Uji kir atau uji kelayakan kendaraan bermotor merupakan rangkaian kegiatan untuk menguji suatu kendaraan sebagai tanda bahwa kendaraan tersebut layak digunakan.

Uji kir wajib dilakukan sebanyak dua kali tiap tahun. Jenis-jenis kendaraan bermotor yang wajib untuk melakukan uji kir adalah mobil berpenumpang umum seperti bus, mobil barang, kereta gandengan, dan kereta tempelan yang dioperasikan di jalan.

Kini di Banyuwangi, seluruh proses pendaftaran dan pembayaran untuk melakukan uji kir bisa dilakukan secara daring.

Baca juga: Pengemudi VW Kuning yang Tabrak Polisi Ketakutan karena Tak Punya SIM

Program pelayanan publik ini diberi nama BAYU ARUM (Bayar dan Daftar Uji Kir dari Rumah). Program ini diluncurkan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan, Senin (10/5/2021).

Ilustrasi uji KIR di wilayah Jawa Tengah yang menerapkan protokol kesehatan.jatengprov.go.id Ilustrasi uji KIR di wilayah Jawa Tengah yang menerapkan protokol kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"BAYU ARUM ini, kami mengapresiasi karena bisa memperpendek waktu pengurusan uji kir. Warga tidak perlu antri lama,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani dalam keterangan resminya, Senin (10/5/2021).

Masyarakat yang akan mengajukan permohonan uji kir untuk kendaraan niaganya kini cukup melakukan pendaftaran dan pembayaran melalui tautan sipk.banyuwangikab.go.id.

Baca juga: Cek Ini Segera Bila Knalpot Motor Keluarkan Asap Putih atau Hitam

Seusai mendaftarkan kendaraannya untuk dilakukan uji kir, pemohon bisa langsung menentukan tanggal ujinya.

Setelah itu, pemohon bisa membayar biaya uji kir melalui aplikasi dompet digital atau mobile banking di gawainya. Nantinya, bukti pembayaran akan langsung ditampilkan. Bukti pembayaran ini yang akan ditunjukkan kepada pegawai yang akan melakukan uji kir.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.