Cara Anti Ngantuk Ketika Berkendara Motor Saat Berpuasa

Kompas.com - 09/05/2021, 07:21 WIB
Ilustrasi berkendara jarak jauh atau touring Dok. DAMIlustrasi berkendara jarak jauh atau touring
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai sepeda motor dengan kondisi jalan yang macet serta jauh sangat menguras tenaga. Terlebih, bila Anda juga sedang berpuasa di bulan Ramadhan.

Pada kondisi ini, tak jarang rasa kantuk akan datang yang direpresentasi oleh menguap. Tentu bila dibiarkan bisa berbahaya bagi diri sendiri atau orang lain.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Head of Safety Riding promotion Wahana, Agus Sani menjelaskan bahwa penyebab umum datangnya rasa kantuk ialah kelelahan dan kurang oksigen di kepala.

Baca juga: Selain Diputar Balik, Mudik Pakai Kendaraan Pribadi Bisa Kena Tilang?

Ilustrasi motor gede (moge) dan penunggangnya.SHUTTERSTOCK/LUKAS GOJDA Ilustrasi motor gede (moge) dan penunggangnya.

"Sehingga, aliran darah tidak lancar. Pengendara bisa beristirahat dan olah tubuh (pemanasan) untuk mengatasinya. Bila tidak berpuasa, ya minum air," kata dia kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Pemanasan yang dilakukan bisa dengan melakukan peregangan ringan pada bagian-bagian lutut, tangan, dan bahu agar aliran darah kembali lancar. Peregangan ini cukup dilakukan kurang lebih lima menit sampai tubuh terasa fit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kepanasan Saat Berhenti di Lampu Merah, Tak Boleh Asal Berteduh

"Jangan lupa juga untuk membuka helm supaya lebih enak. Jadi agar mencegah ngantuk saat berkendara lakukan pemanasan sebelum riding dan cukup istirahat,” ucap Agus.

Ia pun mengimbau untuk jangan mendengarkan lagu dalam upaya atas menghilangkan rasa kantuk. Sebab, tidak efektif, malah membuat tidak fokus dan waspada dengan suara yang ada di sekitar.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.