Kompas.com - 07/05/2021, 13:21 WIB
Video Datsun Terjang Banjir instagram.com/bang_koboiVideo Datsun Terjang Banjir


JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara melewati genangan air atau banjir dengan ketinggian melebihi setengah ban merupakan sebuah tindakan yang seharusnya dihindari.

Terlebih lagi jika mobil tersebut bukan kendaraan dengan kemampuan off road, yang aman buat melibas banjir.

Seperti contoh video yang diunggah oleh akun instagram @bang_koboi. Dalam rekaman tersebut terlihat Datsun Go yang dengan percaya diri menerobos genangan air yang cukup tinggi.

Sontak aksi pengemudi tersebut mendapatkan pujian dari orang-orang sekitar, mengingat mobil tersebut masuk ke dalam segmen low cost green car (LCGC).

Baca juga: Catat, Ini 8 Titik Penyekatan Jalur Mudik di Depok

“Hore Datsun, lolos. Wah, keren Datsun!” kata perekam video tersebut.

Diketahui, kejadian tersebut terjadi di Graha Raya Bintaro pada Kamis (6/5/2021) sore.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Tiba-tiba saja liat Datsun lawan arah, menerobos banjir. Mungkin karena jalur sebelah, airnya lebih tinggi dan mobil-mobil lain juga tidak bergerak, karena di depan mereka ada motor didorong,” ucap pemilik akun instagram Bang Koboi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (7/5/2021).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bang Koboi (@bang_koboi)

Terkait hal ini, pemilik bengkel AP Speed Imam Choiri alias Apre mengatakan, menerobos genangan air yang tinggi bisa saja dilakukan, namun harus didukung oleh kemampuan berkendara si pengemudi.

“Kebetulan posisi filter udara mobil ini paling atas dekat dengan kap mesin. Asal bisa menguasai teknik mengemudi, masih aman,” kata Apre.

“Harus di gas terus tidak boleh mati, tujuannya buat kasih tekanan biar knalpot tidak kemasukan air. Karena kalau sampai masuk air mesin mobil bisa mati,” lanjutnya.

Baca juga: Lalin Tersendat Akibat Penyekatan Jalur Mudik, Polisi Lakukan Sistem Buka Tutup

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X