Ribuan Kendaraan Diputarbalik pada Hari Pertama Larangan Mudik

Kompas.com - 07/05/2021, 11:43 WIB
Petugas gabungan memeriksa kendaraan pemudik yang melintasi Jalur Selatan di Pos penyekatan Parakan Honje, Indihiang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (6/5/2021). Polri menambah titik posko penyekatan larangan mudik Lebaran sebanyak 381 titik dari sebelumnya 333 lokasi senusantara, sementara untuk wilayah Jabar terdapat sebanyak 158 titik posko penyekatan. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/foc. ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMIPetugas gabungan memeriksa kendaraan pemudik yang melintasi Jalur Selatan di Pos penyekatan Parakan Honje, Indihiang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (6/5/2021). Polri menambah titik posko penyekatan larangan mudik Lebaran sebanyak 381 titik dari sebelumnya 333 lokasi senusantara, sementara untuk wilayah Jabar terdapat sebanyak 158 titik posko penyekatan. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/foc.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) telah memutarbalikkan sebanyak 1.200 unit kendaraan bermotor pada hari pertama penyekatan larangan mudik Lebaran 2021.

Jumlah tersebut diperoleh petugas saat melakukan pengawasan selama pukul 00.00 WIB sampai 12.00 WIB du berbagai titik penyekatan, Kamis (6/5/2021).

"Terdapat 1.200 kendaraan pemudik yang sudah kita putar balikkan di hari pertama," ujar Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri di keterangan tertulis, Kamis.

Baca juga: Catat, Ini 8 Titik Penyekatan Jalur Mudik di Depok

Petugas memutar balik kendaraan yang hendak menuju Cianjur di kawasan Jembatan Citarum yang merupakan wilayah perbatasan antara Cianjur dan Bandung Barat, Kamis (6/5/2021). Para pengendara yang tidak membawa surat keterangan bebas Covid-19 langsung diputar balik.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Petugas memutar balik kendaraan yang hendak menuju Cianjur di kawasan Jembatan Citarum yang merupakan wilayah perbatasan antara Cianjur dan Bandung Barat, Kamis (6/5/2021). Para pengendara yang tidak membawa surat keterangan bebas Covid-19 langsung diputar balik.

Menurutnya di wilayah hukum Polda Jabar, terdapat 158 titik pos penyekatan yang tersebar di jalan tol sebanyak 22 pos dan 136 titik di jalur arteri.

“Adanya penyekatan ini terbukti efektif, sehingga kendaraan yang diputar balikkan tidak terlalu banyak,” kata dia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dofiri lantas mengimbau kepada warga yang akan pulang kampung atau mudik, agar mengurungkan niatnya karena petugas sudah siap memutar balikkan warga yang membandel.

Baca juga: Cara Mengatur Posisi Duduk yang Ideal Saat Mengemudi

Menurutnya ketika warga memaksa untuk mudik, maka akan disekat dan diputarbalikkan, sehingga lebih baik pada Lebaran tahun ini tidak perlu mudik.

“Kami mengimbau warga yang akan pulang kampung urungkan niatnya terlebih dahulu, karena akan diputarbalikkan ke daerah asal,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X