Siap Pecahkan Rekor, Suzuki Hayabusa Ini Ditargetkan Tembus 480 Kpj

Kompas.com - 03/05/2021, 17:42 WIB
Suzuki Hayabusa milik Guy Martin yang menargetkan rekor top speed 480 kpj Dok. Gaadiwaadi.comSuzuki Hayabusa milik Guy Martin yang menargetkan rekor top speed 480 kpj

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Hayabusa merupakan salah satu motor produksi massal tercepat di dunia. Motor supersport ini juga akan diandalkan untuk pemecahan rekor motor dengan kecepatan tertinggi 489 kilometer per jam.

Hayabusa dalam kondisi standar diklaim mampu tembus 300 kpj. Namun, kemampuan tersebut masih belum cukup untuk pebalap asal Inggris, Guy Martin.

Baca juga: Suzuki Hayabusa Model Baru Meluncur, Lebih Canggih

Suzuki Hayabusa dibekali mesin DOHC, 4-tak, 4-silinder segaris, berpendingin cairan, dan berkapasitas 1.340 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 197 tk pada 10.100 rpm dan torsi mencapai 138,7 Nm pada 7.600 rpm.

Suzuki Hayabusa milik Guy Martin yang menargetkan rekor top speed 480 kpjDok. Gaadiwaadi.com Suzuki Hayabusa milik Guy Martin yang menargetkan rekor top speed 480 kpj

Dikutip dari Gaadiwaadi.com, Senin (3/5/2021), Martin memodifikasi Hayabusa menjadi lebih bertenaga dan aerodinamis. Sayangnya, ubahan pada motornya tidak dijelaskan.

Kabarnya, motor ini adalah Hayabusa yang sama yang dia gunakan saat meraih top speed 434 kpj pada 2019 lalu. Sekarang, Martin berniat untuk melaju lebih kencang.

Baca juga: Belum Diluncurkan, Gambar Generasi Terbaru Suzuki Hayabusa Bocor

Suzuki Hayabusa milik Guy Martin yang menargetkan rekor top speed 480 kpjDok. Gaadiwaadi.com Suzuki Hayabusa milik Guy Martin yang menargetkan rekor top speed 480 kpj

Hanya disebutkan bahwa dapur pacunya sudah disematkan turbo yang dapat mendongkrak tenaga mesinnya menjadi 830 tk. Fairing aerodinamis ini juga sudah dikembangkan di wind tunnel dengan kecepatan mencapai 480 kpj.

Untuk diketahui, Guy Martin merupakan salah satu pebalap Isle of Man TT terbaik. Martin berhasil mengoleksi 17 podium selama balapan di ajang tersebut. Soal nyali, Martin sudah tidak perlu diragukan lagi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X