Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vespa Sudah Produksi 19 Juta Unit Motor Selama 75 Tahun

Kompas.com - 03/05/2021, 14:42 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini Vespa merayakan hari jadi ke-75 tahun. Usia yang terbilang matang sebagai merek sepeda motor yang sudah mendunia.

Model pertama Vespa lahir di Pontedera, Italia pada 1946. Selama lebih dari tujuh dasawarasa tersebut Vespa disebut telah memproduksi 19 juta unit motor.

Baca juga: Jangan Nekat Mudik Pakai Travel Gelap, Ini Sanksinya

"Vespa telah menjadi brand global yang lebih dari sebelumnya, salah satu produk 'Made in Italy' yang paling dikenal, menjadi warga dunia sejati," tulis Vespa dalam rilis resmi, Senin (3/5/2021).

VespaFoto: Stefano Niccolai by arte studio Vespa

Vespa kini dijual di 83 negara di lima benua di seluruh dunia. Vespa menyebut diri sebagai merek motor paling terkenal dan dicintai di dunia.

Banyaknya permintaan membuat Vespa mesti ekspansi. Skuter khas Italia itu kini tidak hanya diproduksi di tempat asalnya di Italia, tapi juga di fasilitas lain.

Tujuannya agar harganya lebih terjangkau. Kemudian menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan di suatu wilayah tersebut.

Baca juga: Jika Royal Enfield Meteor 350 Berubah Jadi Motor Touring

Unit yang diproduksi dari pabrik di Pontedera, Italia ,ditujukan untuk pasar Eropa, Amerika Serikat dan semua pasar wilayah barat.

Vespa GTS Super Tech 300KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Vespa GTS Super Tech 300

Kemudian pabrik Vinh Phuc di Vietnam melayani pasar Asia Timur dan Tenggara. Adapun pabrik di Baramati, India, yang diresmikan pada 2012 untuk pasar India dan Nepal.

"Sampai hari ini, Vespa merupakan salah satu produk spesial yang secara konsisten telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari," tulis Vespa.

"Vespa telah jauh melebihi fungsinya sebagai sarana berkendara yang mudah serta elegan hingga menjadi sebuah brand global dengan simbol teknologi serta gaya khas Italia," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com