Ingat, Tidak Boleh Sembarangan Pasang Roof Rack pada Mobil

Kompas.com - 01/05/2021, 11:42 WIB
Tambahan roof rack untuk antisipasi kekurangan kapasitas kabin saat mudik. Febri ArdaniTambahan roof rack untuk antisipasi kekurangan kapasitas kabin saat mudik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi akan tiba. Beberapa orang pun telah mendapatkan tunjangan hari raya.

Membeli roof rack atau roof box untuk dipasang di atap mobil bisa jadi opsi untuk memanfaatkan THR yang sudah didapat.

Roof rack atau roof box sendiri bermanfaat untuk meletakkan muatan di atap mobil sehingga tidak memenuhi ruang dalam kabin mobil. Meski memiliki banyak manfaat, pemasangan roof rack atau roof box memiliki beberapa dampak.

Suparna selaku Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak menjelaskan, ada beberapa dampak yang ditimbulkan saat memasang roof rack atau roof box dan menaruh muatan di atasnya.

Baca juga: Alasan Toyota Raize GR Sport Tidak Punya Transmisi Manual

Ilustrasi Honda BR-V saat menggunakan roof box lansiran Thulekompas.com Ilustrasi Honda BR-V saat menggunakan roof box lansiran Thule

Menurutnya, stabilitas kendali mobil akan terganggu. Ini disebabkan saat ada beban tambahan di atap mobil akan mempengaruhi traksi pada roda depan yang makin berkurang. Risiko terparah adalah mobil mudah limbung saat melewati tikungan.

Selain itu, dilansir dari artikel di Auto2000 pada Jumat (30/4/2021), pemasangan roof rack atau roof box bisa mengurangi sisi aerodinamis mobil.

Saat berjalan dengan kecepatan standar di bawah 60 kpj mungkin tidak terlalu terasa. Namun ketika laju kendaraan ditingkatkan, mobil terasa lebih berat karena hambatan angin yang makin besar.

Berhubungan dengan aerodinamis mobil. Ketika hambatan angin makin besar, tentu konsumsi bahan bakar dikhawatirkan juga makin boros. Apalagi beban yang dibawa mobil bertambah.

Baca juga: Diskon PPnBM Tinggal Sebulan, Bagaimana Pembeli Toyota Raize?

Ilustrasi Roof box Thule pada Toyota 86Kompas.com/Dio Ilustrasi Roof box Thule pada Toyota 86

Memiliki pendapat yang senada, Didi Ahadi selaku Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan bahwa ada aturan dalam pemasangan roof rack atau roof box. Ia menyarankan bahwa hanya mobil yang telah dilengkapi roof rail yang boleh memasang perlengkapan tersebut.

"Kalau dari kami tidak menyarankan mobil yang tanpa roof rail dari pabrikan memasang roof box, seperti hatchback atau sedan, jadi memang tidak bisa sembarangan karena menyangkut soal safety," kata Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selain itu, ada batas maksimal bobot muatan yang boleh ditaruh di atap mobil. Menurut Didi, berat barang termasuk kompartemen tambahan di atas atap tak boleh lebih dari 75 kg.



Sumber Auto2000
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X