Pabrikan Otomotif Jepang Sepakati Kerja Sama Teknis Mobil Terkoneksi

Kompas.com - 27/04/2021, 19:01 WIB
Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.
|

TOKYO, KOMPAS.com - Sejumlah pabrikan otomotif raksasa asal Jepang baru saja menyepakati perjanjian kerja sama terbaru untuk mengembangkan spesifikasi teknis perangkat komunikasi pada kendaraan terkoneksi masa depan.

Melalui pernyataan resminya, pabrikan dimaksud meliputi Suzuki Motor Corporation, Subaru Corporation, Daihatsu Motor Co.Ltd, Toyota Motor Corporation, dan Mazda Corporation.

"Kerja sama bidang CASE (connected, autonomous/automated, shared, and electric) adalah salah satu transformasi besar dalam industri otomotif serta kemajuan pesat dalam domain kendaraan terkoneksi," tulis pernyataan tersebut, Selasa (27/4/2021).

Baca juga: Penjualan Sepeda Motor di Indonesia Melonjak Signifikan di Maret 2021

Kerja sama baru pabrikan otomotif Jepangdok.TMC Kerja sama baru pabrikan otomotif Jepang

Adapun koneksi tersebut meliputi seluruh aspek komunikasi dan data, termasuk berbagai layanan seperti cloud, loT, big data, dan AI.

Mekanisme kerjanya, tiap produsen akan mengembangkan perangkatnya secara mandiri dan diperbolehkan menggunakan pendekatan berbeda dengan menyesuaikan sumber daya yang dimiliki.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perusahaan akan menyediakan layanan terkoneksi yang lebih aman dan nyaman kepada pelanggan, kemudian dalam kerangka kerja sama, perusahaan akan memposisikan pengembangan aplikasi mereka dalam sebuah domain in-house.

Baca juga: Keunggulan Cat Oven pada Bodi Mobil

Sehingga setiap produsen bisa lebih fokus pada pengembangan aplikasi dan infrastruktur.

Saat ini, Suzuki, Subaru, Daihatsu, dan Mazda, tengah menggabungkan teknologi mereka ke dalam format teknologi komunikasi dasar yang dikembangkan Toyota.

Di samping itu, tiap perusahaan juga bisa mengurangi bebanpengembangan karena membuka peluang untuk penyederhanaan sistem operasi dan mengoptimalkan sumber daya masing-masing.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X