Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrikan Otomotif Jepang Sepakati Kerja Sama Teknis Mobil Terkoneksi

Kompas.com - 27/04/2021, 19:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Sejumlah pabrikan otomotif raksasa asal Jepang baru saja menyepakati perjanjian kerja sama terbaru untuk mengembangkan spesifikasi teknis perangkat komunikasi pada kendaraan terkoneksi masa depan.

Melalui pernyataan resminya, pabrikan dimaksud meliputi Suzuki Motor Corporation, Subaru Corporation, Daihatsu Motor Co.Ltd, Toyota Motor Corporation, dan Mazda Corporation.

"Kerja sama bidang CASE (connected, autonomous/automated, shared, and electric) adalah salah satu transformasi besar dalam industri otomotif serta kemajuan pesat dalam domain kendaraan terkoneksi," tulis pernyataan tersebut, Selasa (27/4/2021).

Baca juga: Penjualan Sepeda Motor di Indonesia Melonjak Signifikan di Maret 2021

Kerja sama baru pabrikan otomotif Jepangdok.TMC Kerja sama baru pabrikan otomotif Jepang

Adapun koneksi tersebut meliputi seluruh aspek komunikasi dan data, termasuk berbagai layanan seperti cloud, loT, big data, dan AI.

Mekanisme kerjanya, tiap produsen akan mengembangkan perangkatnya secara mandiri dan diperbolehkan menggunakan pendekatan berbeda dengan menyesuaikan sumber daya yang dimiliki.

Perusahaan akan menyediakan layanan terkoneksi yang lebih aman dan nyaman kepada pelanggan, kemudian dalam kerangka kerja sama, perusahaan akan memposisikan pengembangan aplikasi mereka dalam sebuah domain in-house.

Baca juga: Keunggulan Cat Oven pada Bodi Mobil

Sehingga setiap produsen bisa lebih fokus pada pengembangan aplikasi dan infrastruktur.

Saat ini, Suzuki, Subaru, Daihatsu, dan Mazda, tengah menggabungkan teknologi mereka ke dalam format teknologi komunikasi dasar yang dikembangkan Toyota.

Di samping itu, tiap perusahaan juga bisa mengurangi bebanpengembangan karena membuka peluang untuk penyederhanaan sistem operasi dan mengoptimalkan sumber daya masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com