Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jatuh di Portugal, Rossi Mengaku Lebih Pede Jelang MotoGP Jerez

Kompas.com - 27/04/2021, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi gagal menyelesaikan balapan pada MotoGP Portugal, beberapa waktu lalu. Meski demikian, The Doctor mengaku lebih percaya diri jelang MotoGP Jerez, akhir pekan ini.

Bahkan, Rossi saat itu hanya bisa menyelesaikan sesi kualifikasi di urutan ke-17. Pebalap asal Italia tersebut mengaku sempat khawatir dengan performanya.

Namun, Rossi mampu melakukan peningkatan saat balapan, khususnya pada bagian pengereman dan akselerasi. Sebelum terjatuh di lap 15, Rossi sempat mengejar posisi kesepuluh.

Baca juga: Awal Musim Buruk, Rossi Akui Sulit Jaga Motivasi

Ternyata, performanya tersebut bergantung dari tipe ban yang digunakannya. Dengan ban yang tepat, Rossi mengaku lebih memiliki keberanian.

Valentino Rossi saat balapan di seri pertama MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, QatarGareth Harford Valentino Rossi saat balapan di seri pertama MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar

"Iya, sangat bergantung pada ban. Di sini, kami bisa menggunakan ban tipe hard dan dengan ban tipe hard saya bisa lebih cepat," ujar Rossi, dikutip dari Motorsport.com, Senin (26/4/2021).

Pebalap Petronas Yamaha Sepang Racing Team tersebut menambahkan, balapan di MotoGP Portugal tidak begitu buruk jika dilihat dari posisi start dan kecepatannya dibandingkan saat sesi kualifikasi. Maka itu, dia lebih percaya diri jelang MotoGP Jerez.

Baca juga: Live MotoGP Portugal: Valentino Rossi Terjatuh, Rins Juga Crash

"Saya lebih baik, karena kami meningkatkan setting motor dan menggunakan ban belakang tipe hard yang memberikan saya feeling lebih baik dan stabilitas yang lebih baik," kata Rossi.

Namun, Rossi mengakui, start dari posisi jauh di belakang sangat sulit. Dia juga kehilangan banyak waktu untuk memperbaiki posisi dan mengejar pebalap yang ada di depan.

Valentino Rossi dan Luca Marini, kakak beradik dalam kelas yang samaDok. @luca_marini_97 Valentino Rossi dan Luca Marini, kakak beradik dalam kelas yang sama

"Saya melalukan kesalahan di tikungan pertama, saya kehilangan sedikit waktu untuk menyalip Luca (Marini). Tapi setelahnya, saya bisa ada di sepuluh besar dan mendapat poin. Sayangnya, saya kehilangan grip ban depan di tikungan 10," ujar Rossi.

Rossi mengatakan, sangat disayangkan kehilangan poin. Meski demikian, balapan tersebut membuktikan dirinya ada peningkatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com