Cara Berkendara Sepeda Motor Aman bagi Hijabers

Kompas.com - 27/04/2021, 04:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara sepeda motor banyak dilakukan juga oleh para wanita, termasuk mereka yang mengenakan hijab. Meski menggunakan pakaian yang tertutup, keselamatan dan kenyamanan berkendara tetap perlu diutamakan.

Wanita yang memakai hijab pada umumnya menggunakan pakaian yang panjang dan gombroh. Untuk bisa tetap tampil cantik, tapi tetap aman dan nyaman dalam berkendara, perlu memperhatikan beberapa hal.

Baca juga: Selain Safety Riding, Defensive Riding Juga Tak Kalah Penting

Untuk itu, PT Thamrin Brothers, main dealer Yamaha di Sumatera Selatan dan Bengkulu, memberikan tips khusus para hijabers melalui tim Yamaha Riding Academy.

Yamaha Fino mulai disosialisasikan lagi sebagai salah satu produk andalan.YIMM Yamaha Fino mulai disosialisasikan lagi sebagai salah satu produk andalan.

Berikut tips aman berkendara untuk para hijabers:

1. Pakai hijab yang polos bukan yang dihiasi manik-maik atau bros yang menempel di bagian kepala. Pasalnya, hijabers harus tetap menggunakan helm, sehingga lebih mudah dikenakan.

2. Pilih hijab dengan bahan yang sejuk dan dapat menyerap keringat, misalnya dari katun.

3. Jika menggunakan hijab yang panjang, bisa ditutupi dengan menggunakan jaket untuk menghindari bahaya saat berkendara, misalnya terhempas angin.

Baca juga: Pahami Safety Riding Sebelum Touring

4. Hindari memakai rok yang terlalu besar.

5. Pilih ukuran helm lebih besar dari ukuran kepala untuk menghindari pusing akibat kesempitan.

6. Gunakan perlengkapan safety riding gear dan terapkan safety riding saat di jalanan.

Selain memberikan tips aman berkendara, PT Thamrin Brothers juga menggelar Festival Ramadhan di Palembang Indah Mall, 25 April - 1 Mei 2021, untuk meningkatkan semangat generasi muda Islami dalam menyambut bulan Ramadhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.