Menggantikan Jorge Martin, Tito Rabat Kembali ke MotoGP

Kompas.com - 22/04/2021, 07:42 WIB
Jorge Martin Foto: Jorge MartinJorge Martin

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan pebalap MotoGP, Tito Rabat kembali resmi turun gunung mejnadi pebalap pengganti Jorge Martin yang harus absen di Jerez, Spanyol, lantaran cedera patah tulang.

Seperti diketahui, pebalap Pramac Racing, Jorge Martin mengalami kecelakaan hebat di tikungan ketujuh Sirkuit Algarve, Partimao dalam sesi latihan bebas ketiga MotoGP Portugal, Sabtu (17/4/2021).

Akibat insiden tersebut, Jorge Martin harus menjalani operasi untuk patah tulang pada ibu jari kanan, pergelangan kaki kanan, dan lutut kiri. Pebalap berjuluk Martinator itu pun dikabarkan harus absen di dua seri mendatang.

Baca juga: Ribut dengan Netizen, Maverick Vinales Tutup Akun Twitter

Sebelumnya, test rider Ducati Corse, Michele Pirro, sempat dikabarkan jadi pebalap pengganti Jorge Martin untuk sementara. Namun, menurut dikutip dari Crash, Pramac Racing memilih Tito Rabat untuk menjalankan tugas tersebut di Seri Jerez.

Sebagai informasi, Rabat baru saja mundur dari MotoGP akhir tahun lalu lantaran tidak mendapat tempat, hingga akhirnya ia beralih ke WorldSBK bersama tim Barni Racing.

Tito RabatMotoGP Tito Rabat

Namun, Rabat belum melakukan debutnya di WorldSBK karena musim balap baru akan dimulai pada 22 Mei mendatang.

Mantan juara dunia Moto2 itu menghabiskan lima musim di MotoGP, tiga musim terakhirnya dengan Avintia Ducati. Mungkin ini yang menjadi alasan tim Pramac Racing menunjuk Rabat sebagai pebalap pengganti Jorge Marton, sebab dirinya dinilai sudah paham betul dengan motor Ducati Desmosedici.

Baca juga: Alex Marquez Kesal Disalip Sang Kakak, Marc Marquez

Pebalap berusia 31 itu pun mengaku senang mendapat kesempatan untuk menggantikan Jorge Martin di MotoGP.

“Kembali ke balapan di MotoGP adalah peluang besar, terutama balapan di rumah saya dan dengan motor pabrikan,” ujar Rabat dikutip dari WorldSBK, Rabu (21/4/2021).

“Pertama-tama, saya ingin berterima kasih kepada Paolo Campinoti, seluruh tim di Pramac Racing dan Ducati yang telah memberi saya kesempatan ini. Terima kasih juga kepada Barni Racing Team yang telah mendukung saya dalam keputusan ini,” ucapnya lagi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X