Polresta Solo Kurangi Titik Penyekatan Halau Pemudik, Ini Lokasinya

Kompas.com - 18/04/2021, 04:01 WIB
Sejumlah petugas menyekat akses masuk ke pusat perbelanjaan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Penyekatan akan terus ditingkatkan seiring dengan pemberlakukan PSBB parsial di Cianjur yang akan mulai dilaksanakan Rabu (6/5/2020). IstimewaSejumlah petugas menyekat akses masuk ke pusat perbelanjaan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Penyekatan akan terus ditingkatkan seiring dengan pemberlakukan PSBB parsial di Cianjur yang akan mulai dilaksanakan Rabu (6/5/2020).
|

SOLO, KOMPAS.com - Polresta Surakarta (Solo), Jawa Tengah, melakukan penguranagan titik penyekatan kendaraan bagi pemudik yang nekat melakukan mudik pada tanggal 6-17 Mei 2021.

Pengurangan dilakukan yang awalnya berjumlah 10 titik dikurangi menjadi 7 titik penyekatan saja.

"Kita memang ada pengurangan titik penyekatan yang tadinya ada sepuluh, kebijakan yang baru ini dikurangi menajadi tujuh titik penyekatan," kata Kasatlantas Polresta Surakarta, Kompol Adhytia Warman kepada Kompas.com, Sabtu (17/4/2021).

Baca juga: Hasil FP1 MotoGP Portugal, Marquez Langsung Tercepat Ketiga

Pengurangan ini dilakukan untuk menambah keefektifitasan penjagaan yang dilakukan oleh petugas.

Penyekatan hanya dilakukan di jalan perbatasan utama Kota Solo, Jawa Tengah.

Petugas melakukan pemeriksaan di check point penyekatan pertama di ruas tol Jakarta - Cikampek Km 31, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (24/4/2020). Larangan mudik mulai diberlakukan pemerintah mulai 24 April 2020 pukul 00.00 WIB untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui Operasi Ketupat 2020. Kendaraan pribadi baik motor atau mobil dan kendaraan umum berpenumpang dilarang keluar dari wilayah Jabodetabek.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Petugas melakukan pemeriksaan di check point penyekatan pertama di ruas tol Jakarta - Cikampek Km 31, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (24/4/2020). Larangan mudik mulai diberlakukan pemerintah mulai 24 April 2020 pukul 00.00 WIB untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui Operasi Ketupat 2020. Kendaraan pribadi baik motor atau mobil dan kendaraan umum berpenumpang dilarang keluar dari wilayah Jabodetabek.

"Nantinya di titik penyekatan akan dijaga oleh personil dari Satlantas, petugas TNI, Dishub, Dinas Kesehatan, serta Satpol PP untuk membantu operasi penyekatan perbatasan," ucap Adhytia.

Baca juga: Jawaban Toyota soal Waktu Peluncuran Raize di Indonesia

Adhytia menjelaskan akan mempersiapkan sedikitnya 100 personil dari Satlantas Polresta Surakarta untuk melakukan penjagaan.

Pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan mudik demi keamanan bersama.

Tujuh titik penyekatan kota Solo antara lain dari arah barat, akan dilakukan penyekatan di kawasan Simpang Faroka, Banyuanyar,dan Tugu Makuto.

Sedangkan dari arah selatan akan diadakan penyekatan di batas kota Tanjunganom.

Polisi menghentikan bus untuk diperiksa di akses keluar Jembatan Suramadu, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (19/5/2019) dini hari. Kegiatan penyekatan dan razia yang dilakukan Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dibantu oleh personel TNI itu untuk mengantisipasi adanya pergerakan massa ke Jakarta terkait pengumuman hasil pemilihan presiden pada Rabu, 22 Mei 2019 di KPU.ANTARA FOTO/DIDIK SUHARTONO Polisi menghentikan bus untuk diperiksa di akses keluar Jembatan Suramadu, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (19/5/2019) dini hari. Kegiatan penyekatan dan razia yang dilakukan Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dibantu oleh personel TNI itu untuk mengantisipasi adanya pergerakan massa ke Jakarta terkait pengumuman hasil pemilihan presiden pada Rabu, 22 Mei 2019 di KPU.

Baca juga: Morbidelli Bilang Penampilan Perdana Marc Marquez Gila!

Sedangkan dari arah timur akan dilakukan penyekatan di kawasan Jurug yang berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar.

Kemudian dari arah utara akan diadakan titik penyekatan di Mojosongo dan kawasan Sekip.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X