Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jawaban Toyota soal Waktu Peluncuran Raize di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah banyak dinanti dan beredar ragam spekulasi mengenai peluncurannya, namun sampai saat ini PT Toyota Astra Motor (TAM) masih bungkam soal kepastian waktu kapan Raize benar-benar resmi mengaspal di Indonesia.

Bahkan ketika banyak ditanyakan lagi, Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM hanya bisa memastikan bila Toyota sejauh ini masih dalam tahap persiapan peluncurannya.

"Seperti yang saya bilang sebelumnya, untuk Raize tak perlu khawatir. Pastinya tidak ada kendala soal persiapan, dan sudah didaftarkan oleh Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk mendapatkan PPNBM ke pemerintah," ucap Anton ketika berdiskusi dengan media secara virtual, Kamis (15/4/2021).

"Untuk waktunya mohon maaf, belum bisa kami sampaikan karena memang masih ada beberapa kesiapan-kesiapan. Tapi yang pasti tidak ada kendala soal Raize, jadi tinggal ditunggu saja tanggal baiknya," kata dia.

Penerapan PPnBM sendiri memang berlaku hingga akhir 2021 mendatang melalui tiga skema yang diberikan Pemerintah.

Mulai dari potongan 100 persen sampai Mei, lalu turun menjadi 50 persen dari Juni sampai Agustus, dan terakhir 25 persen yang berlaku mulai September sampai Desember.

Meski belum ada kepastian soal waktu kapan bakal diluncurkan, namun sebelumnya Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Sony Sulaksono mengatakan, baik Raize dan Rocky akan meluncurkan di April 2021.

"Raize dan Rocky yang diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan dilaunching pada April dan secara perhitungan pabrikan, kedua tipe tersebut bisa memenuhi local purchase minimum 70 persen," ucap Sony kepada Kompas.com, Selasa (16/3/2021) lalu.

"Kini, perusahaan sedang dalam proses set-up line assembling untuk engine Raize serta Rocky secara in house (dikerjakan sendiri) dan diharapkan selesai dalam waktu segera," lanjut Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/16/145800315/jawaban-toyota-soal-waktu-peluncuran-raize-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke