Suasana Kabin Bakal Bus Listrik Transjakarta Buatan Skywell Asal China

Kompas.com - 10/04/2021, 09:22 WIB
Bus listrik Skywell KOMPAS.com/SETYO ADIBus listrik Skywell

JAKARTA, KOMPAS.com – Era elektrifikasi kendaraan di Indonesia sudah mulai merambah kendaraan niaga, misalnya bus listrik. Saat ini, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) sedang menguji coba beberapa bus listrik, salah satunya merek Skywell.

Bus listrik tipe high entry buatan Skywell ini didatangkan langsung dari China. Di bagian eksteriornya, bus ini hanya memiliki satu warna bodi, yakni putih. Walaupun begitu, tampilan luar tetap terlihat modern dan bersih.

Beralih ke bagian kabin, jika penumpang naik dari pinggir jalan bisa menggunakan pintu depan. Ketika masuk, maka harus menaiki beberapa anak tangga, kondisi ini mencirikan bus tipe high deck.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Ini Harga Mobil Murah Bekas Rp 80 Jutaan

Kabin bus listrik SkywellKOMPAS.com/SETYO ADI Kabin bus listrik Skywell

Jika masuk lewat pintu depan, ada sekat yang memisahkan antara kabin pengemudi dan penumpang. Saat masuk kabin penumpang, tersedia empat akses pintu, ada dua di tengah dan dua lagi di belakang, sisi kanan dan kiri memiliki dua pintu penumpang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di bagian kabinnya, tersedia 31 tempat duduk dan 33 hand grip. Artinya, jika dijumlahkan, bus Skywell bisa menampung sampai 64 penumpang. Selain itu, dari 31 tempat duduk, empat kursi dibuat khusus untuk bangku prioritas dengan warna yang berbeda.

Setiap kursi juga dilengkapi dengan sabuk pengaman dua titik untuk keamanan penumpang ketika naik bus. Selain itu, bus ini cukup sederhana, tidak ada sistem hiburan lain seperti monitor atau layar TV.

Baca juga: Adu Interior Almaz RS dan CR-V Facelift, Mana yang Lebih Mewah?

Salah satu teknisi dari TransJakarta mengatakan bahwa nantinya, jika bus ini dioperasikan oleh TransJakarta, akan disesuaikan kembali bentuk atau jumlah kursi di kabin. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan spesifikasi bus yang didatangkan utuh dari China ini.

Selain itu, bus listrik Skywell ini juga peruntukannya hanya uji beban dan kilometer. Jadi, soal spesifikasi di kabinnya belum disesuaikan dengan permintaan dari TransJakarta.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.