BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Astra Honda Motor

Kalangan Selebritas Ramai Beli Matik Besar, Apa Keunggulannya?

Kompas.com - 03/04/2021, 11:12 WIB
Para selebritas Tanah Air ramai pamer motor Honda PCX 160 Dok. AHMPara selebritas Tanah Air ramai pamer motor Honda PCX 160

KOMPAS.comMotor matik kini menjadi idola banyak orang. Di jalan raya misalnya, pengendara dengan motor matik terlebih lebih banyak dibandingkan jenis motor lainnya.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), selama 2020 motor matik mendominasi pendistribusian motor di Indonesia. Dari total 3.067.633 unit yang didistribusikan, sebesar 87,9 persen atau 2.696.557 unit merupakan motor matik.

Keberhasilan motor matik merajai pasar kendaraan roda dua disebabkan oleh kemudahan cara pemakaiannya. Tak heran, baik pengendara pria atau wanita, dari rentang usia muda hingga tua, lebih memilih motor matik untuk berkendara sehari-hari.

Hal serupa terjadi di kalangan selebritas Tanah Air. Mereka ramai-ramai membeli motor matik. Raffi Ahmad salah satunya. Dalam postingan @raffinagita1717, Senin (1/3/2021), suami Nagita Slavina itu tampak sedang berpose di atas motor Honda PCX bersama Gading Marten dan Andre Taulany.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Raffi Ahmad and Nagita Slavina (@raffinagita1717)

Untuk diketahui, Raffi, Andre Taulany, dan Gading Marten tergabung dalam Geng Sultan. Dalam unggahan tersebut, Raffi terlihat mejeng bersama motor Honda PCX 160 berwarna merah.

Ia pun menyertakan captionPastinya the sultan paling kereenn..

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jajal Performa dan Manuver Honda PCX 160

Netizen pun menyetujui hal tersebut. Menurut followers Raffi, ketiga artis dalam foto itu pantas mengendarai motor matik besar Honda PCX 160.

Terbaru, Rabu (31/3/2021), media sosial Instagram kembali diramaikan dengan postingan anggota The Prediksi yang kompak mengunggah foto serentak menggunakan PCX 160.

Dalam foto unggahan pada akun Instagram pribadi mereka itu, seluruh anggota The Prediksi bergaya dengan mengenakan pakaian serupa bernuansa hitam putih sambil menunggangi matik besar tersebut. Formasi mereka sengaja dibuat berjejer rapi untuk memperlihatkan kekompakkannya.

Mereka adalah Andre Taulany, Surya Insomnia, Desta, Wendy Cagur, Imam Darto, Ronal Surapradja, Gading Marten, Tora Sudiro, Stevie Item, Omesh, Soleh Solihun, Ferry Maryadi, dan Vincent Rompies.

The Prediksi tak mau kalah kompak Dok. AHM The Prediksi tak mau kalah kompak

Keunggulan matik besar
Dari unggahan para selebritas tersebut, motor matik besar terlihat cocok digunakan oleh pria dan wanita.

Meski memiliki bodi besar, motor jenis ini memiliki desain yang ergonomis sehingga nyaman saat dikendarai. Hal ini bisa dilihat dari bentuk jok yang lebih lebar. Desain jok ini membuat pengemudi dan penumpang dapat duduk dengan nyaman.

Kemudian, kenyamanan motor matik besar juga ditunjang dengan perbedaan ketinggian antara jok pengemudi dan penumpang.

Ditambah lagi, motor jenis ini dirancang secara ergonomis dengan pijakan kaki yang luas. Dengan demikian, motor matik besar nyaman untuk penggunaan harian atau jarak jauh.

Matik besar juga mudah digunakan oleh para wanita karena memiliki ground clearance yang tidak terlalu tinggi. Sudah begitu, motor jenis ini memiliki handling yang ringan. Jadi, pengendara tidak perlu mengeluarkan tenaga yang besar.

Honda PCX 160 warna putihDok. AHM Honda PCX 160 warna putih

Selain kenyamanan, matik besar memiliki tampilan yang mampu memikat hati banyak orang. Biasanya, motor jenis ini hadir dengan desain sporty tetapi elegan, serta mewah.

Tampilan tersebut menunjukkan karakter motor yang premium dan membuat pengemudi terlihat gagah saat mengendarainya.

Kenyamanan dan desain menjadi alasan motor matik besar naik daun beberapa tahun belakangan. Hal ini pula yang membuat Honda PCX 160 jadi favorit banyak orang, termasuk kalangan selebritas.

Menilik fitur dan performanya, Honda PCX 160 juga punya beragam keunggulan. Motornya dibekali mesin berkapasitas 160 cc dengan teknologi Enhanced Smart Power Plus (eSP+).

Adapun mesin berteknologi eSP+ memiliki empat katup (4 Valve) yang membuat tarikannya halus serta tetap irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Matik besar besutan PT Astra Honda Motor (AHM) itu juga dilengkapi dengan fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur ini membantu menyeimbangkan kerja putaran roda sehingga mencegah terjadinya selip pada ban belakang, terutama saat jalanan licin.

Baca juga: Menilik Desain Elegan Honda PCX 160

Dari segi sasis, Honda menyematkan rangka double cradle pada ban depan dan belakang pada PCX 160. Teknologi sasis ini membuat pengendara dapat bermanuver dengan lebih aman.

Agar dapat menghasilkan traksi yang lebih baik pada ban belakang, Honda PCX 160 memiliki ukuran yang berbeda. Ban depan memiliki ukuran 110/70-14, sedangkan ban belakang 130/70-13.

Untuk urusan penampilan, Honda PCX 160 tampil lebih modern dan kekinian karena adanya All LED Lighting System. Teknologi LED disematkan pada lampu depan maupun belakang.
Demi memberikan pengalaman berkendara yang istimewa, Honda melakukan beberapa inovasi dengan menghadirkan fitur-fitur canggih di PCX 160.

New full digital panel meter Honda PCX 160. Dok. AHM New full digital panel meter Honda PCX 160.

Inovasi tersebut terlihat dari New Full Digital Panel Meter dengan layar yang lebar dan informatif dibandingkan milik PCX 150. Smart Key System pada motor ini pun memiliki tombol yang lebih besar ketimbang pendahulunya.

Selanjutnya, Honda PCX 160 memiliki kapasitas bagasi yang luas, yaitu 30 liter. Dengan begitu, pengendara dapat menyimpan tas punggung dan helm dengan lebih aman.

Baca juga: Komponen Mesin Honda PCX 160 Sudah Buatan Lokal

Selain karena bentuk rangka baru, Honda PCX 160 bisa memiliki bagasi yang luas juga karena tidak adanya tangki bensin di dalamnya. Fuel Tank with Cap Holder berada di depan jok yang membuat pengemudi tak perlu turun dari motor saat mengisi bahan bakar.

Saat melakukan perjalanan jauh, pengendara juga tak perlu khawatir kehabisan baterai smartphone. Pasalnya, Honda PCX 160 sudah dilengkapi dengan New USB Charger.
Fitur itu memungkinkan pengendara mengisi daya ponsel dengan kabel USB tipe A yang berada dalam kotak konsol depan selagi berkendara.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya