Komponen Mesin Honda PCX 160 Sudah Buatan Lokal

Kompas.com - 10/03/2021, 13:21 WIB
Honda All New PCX alias PCX 160 Dok. AHMHonda All New PCX alias PCX 160

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi terbaru Honda All New PCX alias PCX 160 tak hanya dipasarkan di Indonesia saja. Tapi, di negara Asia lainnya, seperti Thailand dan Jepang pun juga skutik ini ikut diluncurkan.

Meski demikian, PCX 160 yang dijual di Indonesia tetap dibuat secara lokal. Termasuk bagian mesinnya yang benar-benar menggunakan teknologi baru.

Baca juga: Piston Honda PCX 160 Bermasalah Dibawa ke AHASS, Langsung Ganti Baru

"Komponen mesin sepertinya hampir semua sudah lokal," ujar Wedijanto Widarso, General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/3/2021).

Test ride Honda PCX 160Foto: Honda Test ride Honda PCX 160

PCX 160 dibekali dengan mesin baru. Mesinnya memiliki banyak perbedaan dibandingkan dengan PCX 150.

PCX 160 dibekali mesin eSP+ dengan kapasitas 156,9 cc. Kapasitasnya meningkat 7 cc atau sekitar 4,7 persen dari PCX 150 yang kapasitasnya hanya 149 cc.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ini Perbedaan Mesin Honda PCX 160 dengan PCX 150

Selain kapasitas mesin yang membengkak, jumlah katupnya juga bertambah. Pada PCX 150 hanya menggunakan dua katup, sementara PCX 160 mengandalkan empat katup.

Ada banyak teknologi baru yang disematkan pada mesin PCX 160. Salah satunya adalah Piston Oil Jet, di mana fitur ini berfungsi untuk mengurangi hambatan dan meningkatkan rasio kompresi.

Mesin eSP+ pada Honda PCX 160Dok. AP Honda Mesin eSP+ pada Honda PCX 160

"Piston Oil Jet secara efektif mendinginkan piston dan mencegah pembakaran yang tidak normal seperti knocking," kata Jumpei Omori, Large Project Leader PCX 2021, dari Monozikuri Center Motorcycle Business Hadquarter Honda Motor Co, Jepang, saat peluncuran PCX 160 secara virtual, beberapa waktu lalu.

Cara kerjanya yakni menyemprotkan oli ke bagian belakang piston PCX 160 yang dapat membuat pendinginan lebih efisien dan meningkatkan waktu pembakaran.

Pistonnya juga sudah dilapisi dengan molybdenum dengan desain ring piston yang baru. Sehingga mampu menyapu pelumas lebih baik.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X