Kompas.com - 31/03/2021, 08:22 WIB
Mitsubishi Fuso bakal kenalkan trul listrik eCanter. efuso.jpMitsubishi Fuso bakal kenalkan trul listrik eCanter.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia memang sedang gencar mempromosikan kendaraan listrik. Misalnya untuk mobil dan motor listrik, lalu bus listrik juga sudah mulai diuji coba.

Promosi soal kendaraan listrik di Indonesia salah satunya yaitu truk listrik. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB) sebenarnya sudah pernah membawa Fuso eCanter pada gelaran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) 2020.

Namun saat itu truk listrik ini belum dijual. Lalu apa saja kendala yang membuat belum dijualnya truk listrik di Indonesia?

Baca juga: Daerah Ini Bebaskan Denda Pajak Kendaraan Bermotor Bulan Depan

Truk listrik eCanterKOMPAS.com/Gilang Satria Truk listrik eCanter

Naoya ‘Rocky’ Takai, Presiden Direktur KTB mengatakan, tantangan di Indonesia yaitu soal infrastruktur untuk stasiun pengisian daya baterai untuk kendaraan niaga listrik dan mobil listrik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jadi bagaimana pemerintah menyediakan stasiun pengecasan untuk kendaraan listrik ini. Karena infrastruktur charging station menjadi kunci dari keberhasilan elektrifikasi dari truk,” ucapnya dalam acara Media Gathering Selasa (30/3/2021).

Baca juga: BMW Luncurkan C400X dan C400GT Model 2021, buat Jegal Xmax dan Forza

Naoya juga mengatakan, mendatangkan Fuso eCanter tahun lalu bertujuan untuk menguji coba kemungkinan truk listrik ini beroperasi. Hasilnya ternyata sangat sulit, karena keterbatasan (infrastruktur) pada saat itu.

“Namun saat ini, sudah ada potensi kita bisa memasukkan EV Truck. Jadi kita sangat positif jika pemerintah dan semua manufaktur fokus dalam pengenalan EV, kita mau berkolaborasi,” kata Naoya.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X