Aturan Makin Ketat, MotoGP Pakai Sistem Sensor buat Baca Track Limit

Kompas.com - 29/03/2021, 13:41 WIB
Johann Zarco saat balapan di MotoGP Qatar pada MotoGP 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP) KARIM JAAFARJohann Zarco saat balapan di MotoGP Qatar pada MotoGP 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim lalu, beberapa kali kontroversi terjadi gara-gara pebalap keluar dari track limit. Sehingga, harus dikenakan sanksi dan mengalami kerugian.

Sebelumnya, pihak Race Direction akan berunding dulu untuk memutuskan apakah seorang pebalap melewati track limit. Buktinya hanya berdasarkan pada video yang ada.

Baca juga: Klasemen MotoGP 2021 Usai GP Qatar, Vinales Poin Penuh

Dikutip dari Rideapart.com, Senin (29/3/2021), mulai musim ini, Race Director Mike Webb mengumumkan bahwa MotoGP akan menggunakan sistem sensor untuk membaca track limit dari pebalap.

 Rider tim pabrikan Ducati, Jack Miller, tampil gemilang di sesi tes pramusim MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar, jelang Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.TWITTER.com/jackmilleraus Rider tim pabrikan Ducati, Jack Miller, tampil gemilang di sesi tes pramusim MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar, jelang Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.

Sensor ini diharapkan dapat membantu para pengawas balap untuk mengidentifikasi apakah seoarang pebalap sudah melebihi track limit.

Sebelumnya, MotoGP hanya mengandalkan kamera dari sudut tertentu.

Sayangnya, dengan penggunaan kamera, jadi muncul kontroversi. Sebab, berbeda sudut pandang bisa berbeda juga penilaian seseorang.

Diharapkan, dengan penggunaan sensor, maka faktor human error bisa dihindari dan bisa lebih adil kepada para pebalap.

Baca juga: Hasil Balapan MotoGP Qatar 2021; Vinales Fantastis, Joan Mir vs Zarco Berkelas

"Regulasi track limit tetap sama, tapi yang kami kerjakan setahun belakangan ini adalah meningkatkan sistem untuk mendeteksi track limit," ujar Webb, dalam video yang diunggah di situs MotoGP.com.

Riding gear khusus pebalap MotoGP untuk wet raceboxrepsol.com Riding gear khusus pebalap MotoGP untuk wet race

Webb menambahkan, Dorna Timekeeping sudah mengerjakan ini sepanjang tahun, dan muncullah sistem baru dengan sensor tekanan di luar trek.

Sehingga nantinya pihak Race Director bisa mendeteksi secara akurat ketika pebalap melebihi track limit.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X