Truk Hilang Kendali di Turunan, Ingat Lagi Soal Prosedur Mengemudi yang Benar

Kompas.com - 27/03/2021, 14:41 WIB
Truk terguling INSTAGRAM/DASHCAMINDONESIATruk terguling

JAKARTA, KOMPAS.com – Video diunggah akun Instagram Dashcam Indonesia, memperlihatkan satu unit truk kehilangan kendali saat melewati jalan menurun. Truk tersebut bahkan sampai terguling dan menabrak rumah di pinggir jalan.

Melihat kejadian seperti tadi, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, ada tiga kemungkinan yang menjadi penyebab truk jalan menurun tanpa kendali.

“Pertama kendaraannya free wheels, sehingga meluncur deras sesuai dengan derajat kemiringan jalannya,” ucap Sony kepada Kompas.com, Sabtu (27/3/2021).

Baca juga: Mudik Dilarang, Pengusaha Bus Minta Pemerintah Tegas Tutup Semua Akses

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Free wheels ini bisa dikatakan roda bebas, bisa disebabkan gigi netral atau pengemudi menginjak kopling saat jalan menurun. Kemudian kemungkinan kedua adalah truk yang gagal mengerem.

“Truk gagal mengerem karena rem terlalu panas. Sehingga fungsi dari rem tidak bekerja sama sekali alias blong,” kata Sony.

Ketiga, pengemudi nampaknya kurang memiliki jam terbang, sehingga ketika mengalami kondisi jalan menurun dan rem blong, tidak bisa mengantisipasi dengan benar. Kalau terjadi rem blong, pengemudi seharusnya memperlambat lajunya.

Baca juga: Mengenal PO Raya yang Konsisten Pakai Kursi Pesawat

“Cara memperlambat lajunya yaitu dengan menarik parking brake atau menurunkan gigi. Memang belum tentu selamat, tapi minimal bisa menekan risiko kecelakaan,” ucapnya.

Selain itu, prosedur ketika mengendarai truk melewati jalan menurun yang benar adalah menggunakan gigi rendah sebelum jalan menurun.

Kemudian saat jalan menurun, gunakan rem kaki seperlunya agar tidak overheat.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.