Bagaimana Kenyamanan Jeep Wrangler Rubicon Terbaru

Kompas.com - 25/03/2021, 10:02 WIB
Jeep Wrangler Rubicon Unlimited dijajal di area perkotaan. Kemampuan jelajah Jeep legendaris ini memuaskan di kendarai harian Kompas.com/Setyo AdiJeep Wrangler Rubicon Unlimited dijajal di area perkotaan. Kemampuan jelajah Jeep legendaris ini memuaskan di kendarai harian

JAKARTA, KOMPAS.com – Bicara soal kenyamanan berkendara, Jeep Wrangler Rubicon Unlimited memang bukan jadi SUV yang paling ahli dalam soal ini.

Pada kelasnya, ada banyak pilihan SUV premium yang lebih mumpuni. Namun, Wrangler Rubicon menawarkan keunikan tersendiri yang tidak dimiliki produk lain.

Posisi duduk Wrangler Rubicon terbaru, kini sudah cukup ergonomis. Setir bisa diatur tilt dan telescopic, serta jok juga bisa reclining dan diatur ketinggiannya, meskipun belum dipadankan fitur elektronik.

Baca juga: MotoGP 2021 Dimulai Pekan Ini, Cek Jadwal Balapannya

Camp Jeep Media 2021, ajang test drive dari peluncuran Jeep GladiatorDok. DAS Indonesia Camp Jeep Media 2021, ajang test drive dari peluncuran Jeep Gladiator

Selain samping itu, jika diperhatikan diameter lingkar setir tampak lebih besar dari mobil kebanyakan. Wujud ini tentu akan mempermudah manuver SUV dengan bodi besar ini, ketika dibawa ke medan offroad.

Alasan bodi ukuran besar ini juga, awalnya kami pikir Wrangler Rubicon bakal kesulitan ketika dibawa berkendara di perkotaan.

Ternyata tidak demikian, setir terasa ringan dan cukup lincah bermanuver di jalan aspal. Tapi paling menarik adalah posisi berkendara yang tinggi.

Baca juga: Penjualan Avanza-Rush Naik163 Persen, Vios Naik 500 Persen

Test Drive Jeep Wrangler Rubicon UnlimitedKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Jeep Wrangler Rubicon Unlimited

Saat berkendara, Anda akan melihat mobil-mobil lain berada di bawah bahu Anda. Kemudian kap mesin depan yang selalu terlihat juga memberikan rasa percaya diri lebih baik ketimbang mobil lain.

Namun saat dibawa di jalan aspal, mulai ketahuan bahwa tempat ini bukan habitat asli Wrangler Rubicon.

Alasannya karena suara bising roda sudah mulai terasa sejak kecepatan 20-40 kpj. Seperti diketahui, mobil ini menggunakan ban BF Goodrich AT 255/75 R17 dengan kembangan cukup kasar untuk segala medan.

Baca juga: Dompet Tipis, Ban Motor Mana yang Duluan Diganti Saat Aus Keduanya

Jeep Wrangler Rubicon Unlimited dijajal di area perkotaan. Kemampuan jelajah Jeep legendaris ini memuaskan di kendarai harian Jeep Wrangler Rubicon Unlimited dijajal di area perkotaan. Kemampuan jelajah Jeep legendaris ini memuaskan di kendarai harian

Suara road noise yang timbul kami duga juga disebabkan karena peredaman kabin yang biasa saja, bahkan terbilang buruk. Bagian atap dari bahan kanvas, membuat suara hujan hingga bising jalanan mudah masuk ke kabin.

Selain itu, dengan dimensi yang besar, ternyata volume ruang kabin tidak terlampau luas. Terbilang cukup untuk dimuati 5 penumpang dewasa, dengan barang-barang di bagasi.

Bicara soal bantingan suspensi, Wrangler Rubicon juga tidak bisa dibilang paling nyaman. Ayunan suspensi terasa keras ketika kita melewati lintasan jalan bergelombang hingga rusak.

Tapi, secara umum Wrangler dengan kode bodi JL ini sudah jauh lebih nyaman ketimbang model JK atau Jeep pendahulu lainnya. Selain itu, bagi para penggemar kalimat, "there's only one Jeep" sulit dipatahkan dari merek lain.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X