Terungkap, Rencana Peluncuran Raize dan Rocky April 2021

Kompas.com - 17/03/2021, 08:02 WIB
Fitur smart assist jadi salah satu andalan pada Toyota Raize. Fitur smart assist jadi salah satu andalan pada Toyota Raize.

JAKARTA, KOMPAS.com - Peluncuran atas mobil kembar terbaru Toyota Raize dan Daihatsu Rocky direncanakan akan berlangsung pada April 2021 mendatang. Saat ini, pabrikan terkat tengah melakukan persiapan matang.

Hal tersebut sebagaimana dipaparkan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Sony Sulaksono kepada Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

"Raize dan Rocky yang diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan dilaunching pada April dan secara perhitungan pabrikan, kedua tipe tersebut bisa memenuhi local purchase minimum 70 persen," ujarnya.

Baca juga: Insentif PPnBM Bakal Dikaji, Ada Syarat Mutlak buat Dapat Insentif

Antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD. daihatsu.co.jp Antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD.

"Kini, perusahaan sedang dalam proses set-up line assembling untuk engine Raize serta Rocky secara in house (dikerjakan sendiri) dan diharapkan selesai dalam waktu segera," lanjut Sony.

Namun, ia tidak bisa memberikan informasi lebih lanjut mengenai dua mobil kembar itu. Termasuk strategi terkini dari pabrikan supaya bisa memenuhi seluruh syarat dapat insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pastinya, kata Sony, perusahaan akan memberdayakan rantai industri komponen dalam negeri agar memenuhi persyaratan local purchase serta tingkat kandungan lokal yang tinggi.

"Bila perusahaan tidak mampu memenuhi ketentuan minimal local purchase 70 persen saat evaluasi per 3 bulan maka diberikan sanksi administratif dan/atau penghapusan tipe kendaraan bermotor terkait dalam daftar yang berhak mendapat PPnBM DTP," ujar dia.

Baca juga: Toyota Raize Punya 6 Varian, Termasuk Mesin Turbo

Bocoran NJKB Toyota Raizehttp://keuda.kemendagri.go.id/ Bocoran NJKB Toyota Raize

Informasi serupa juga diungkapkan beberapa tenaga penjual Toyota dan Daihatsu di wilayah Jabodetabek. Bahkan, beberapa diler telah membuka keran pemesanan awal dengan cara pemberian uang jaminan.

"Konsumen yang tertarik sudah bisa melakukan inden dengan cara memberikan booking fee sebesar Rp 5 juta," katanya kepada Kompas.com.

Adapun perkiraan harga kedua mobil berkisar di antara Rp 180 juta sampai Rp 250 jutaan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.