Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Rencana Peluncuran Raize dan Rocky April 2021

Kompas.com - 17/03/2021, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peluncuran atas mobil kembar terbaru Toyota Raize dan Daihatsu Rocky direncanakan akan berlangsung pada April 2021 mendatang. Saat ini, pabrikan terkat tengah melakukan persiapan matang.

Hal tersebut sebagaimana dipaparkan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Sony Sulaksono kepada Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

"Raize dan Rocky yang diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan dilaunching pada April dan secara perhitungan pabrikan, kedua tipe tersebut bisa memenuhi local purchase minimum 70 persen," ujarnya.

Baca juga: Insentif PPnBM Bakal Dikaji, Ada Syarat Mutlak buat Dapat Insentif

Antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD. daihatsu.co.jp Antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD.

"Kini, perusahaan sedang dalam proses set-up line assembling untuk engine Raize serta Rocky secara in house (dikerjakan sendiri) dan diharapkan selesai dalam waktu segera," lanjut Sony.

Namun, ia tidak bisa memberikan informasi lebih lanjut mengenai dua mobil kembar itu. Termasuk strategi terkini dari pabrikan supaya bisa memenuhi seluruh syarat dapat insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Pastinya, kata Sony, perusahaan akan memberdayakan rantai industri komponen dalam negeri agar memenuhi persyaratan local purchase serta tingkat kandungan lokal yang tinggi.

"Bila perusahaan tidak mampu memenuhi ketentuan minimal local purchase 70 persen saat evaluasi per 3 bulan maka diberikan sanksi administratif dan/atau penghapusan tipe kendaraan bermotor terkait dalam daftar yang berhak mendapat PPnBM DTP," ujar dia.

Baca juga: Toyota Raize Punya 6 Varian, Termasuk Mesin Turbo

Bocoran NJKB Toyota Raizehttp://keuda.kemendagri.go.id/ Bocoran NJKB Toyota Raize

Informasi serupa juga diungkapkan beberapa tenaga penjual Toyota dan Daihatsu di wilayah Jabodetabek. Bahkan, beberapa diler telah membuka keran pemesanan awal dengan cara pemberian uang jaminan.

"Konsumen yang tertarik sudah bisa melakukan inden dengan cara memberikan booking fee sebesar Rp 5 juta," katanya kepada Kompas.com.

Adapun perkiraan harga kedua mobil berkisar di antara Rp 180 juta sampai Rp 250 jutaan.

Sinyal awal dijualnya Raize dan Rocky di Tanah Air sebetulnya sudah terlihat dari lampiran Peraturan Menteri (Permen) Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021.

Baca juga: Prediksi Harga Daihatsu Rocky di Indonesia, Setara dengan Xenia

Bocoran NJKB Daihatsu Rockyhttp://keuda.kemendagri.go.id/ Bocoran NJKB Daihatsu Rocky

Dalam bleid tersebut, kita bisa melihat dokumen Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Daihatsu Rocky dalam kamuflase tertangkap kamera di Lembang, Jawa Barat, pada Kamis (11/3/2021).Dok. Arrafi Noor Zabbar Daihatsu Rocky dalam kamuflase tertangkap kamera di Lembang, Jawa Barat, pada Kamis (11/3/2021).

Raize akan hadir dengan dua pilihan mesin yang dibuktikan lewat kode A250RA (1.000 cc Turbo) dan A251RA (1.200 cc NA). Tak jauh berbeda dengan kembarannya, Rocky.

Begitu pula pada total varian yang dipasarkan, yakni sama-sama 6 tipe mulai dari 1.2 G MT, 1.2 G CVT, 1.0T G MT, 1.0T G CVT, 1.0T S CVT, 1.0T S CVT TSS.

Sementara untuk Rocky, variannya ialah 1.2 M MT, 1.2 M CVT, 1.2 X MT, 1.2 X CVT, 1.0T R MT, dan 1.0T R CVT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com