Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kursi Kru dan Sopir Bus Pengganti Punya Nama Sendiri

Kompas.com - 09/03/2021, 18:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Naik bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) biasa menjadi pilihan beberapa orang. Ketika masuk ke kabin bus dari pintu depan, kalau diperhatikan ada dua sampai tiga kursi yang ada di dekat kursi pengemudi.

Kursi ini sebenarnya untuk kernet maupun sopir pengganti. Biasanya kursi ini juga diberi nama sebagai CB (Crew Bus) dan CD (Co Driver).

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, kursi CB dan CD disediakan dari karoseri maupun supplier kursi.

“Paling standar dari karoseri biasanya dudukan saja. Sedangkan dari supplier juga ada yang membuat kursi CB dan CD ini,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Selasa (9/3/2021).

Baca juga: Bus Malam Kembali Sediakan Selimut, tapi Bantal Belum Ada

Bangku tour leader di busDOK. RIMBA KENCANA Bangku tour leader di bus

Sedangkan menurut Yohan Wahyudi, Marketing Rimba Kencana pembuat kursi bus Hai mengatakan, istilah kursi CB dan CD ini kalau di Rimba Kencana dikenal dengan kursi kernet dan kursi Tour Leader (TL).

“Kursi kernet kita sebutnya guide seat, bangku lipat di pintu sebelah kiri. Kadang juga dibuat double seat untuk duduk tour leader atau sopir cadangan,” ucap Yohan kepada Kompas.com.

Baca juga: Pengaruh PPnBM 0 Persen, Honda HR-V Banyak Dicari

Sedangkan untuk bangku TL, dipasang di tangga tengah untuk duduk tour leader. Kemudian ketika penumpang lewat, bangku TL ini harus dijungkir ke depan, tidak seperti kursi kernet yang bagian bawahnya bisa dilipat.

“Untuk ukurannya sama dengan kursi biasa, bisa tambah armrest juga. Kemudian untuk bangku TL juga bisa diatur kerebahan sandaran punggungnya,” kata Yohan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com