Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang Peluncuran Rocky, Daihatsu Kenalkan Platform DNGA

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang peluncurannya di Tanah Air, Daihatsu kembali mengulas beberapa keunggulan dari calon SUV barunya, yakni Rocky.

Seperti diketahui, datang sebagai produk modern, Rocky sudah dikembangkan menggunakan platform baru berbasis Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

DNGA sendiri mengusung konsep 1-1-1-1 dengan filosofi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik. Hal tersebut mengartikan setiap pengembangan produk berbasis DNGA telah memperhitungkan segala aspek hingga kepada titik terdetailnya.

Mulai dengan ukuran atau dimensi, bobot, harga, dan waktu agar menghasilkan sebuah kendaraan yang efisien. Daihatsu mengklaim platform DNGA memberikan pengalaman dan sensasi berkendara yang berbeda.

Hal tersebut dikarena mesin yang lebih halus dengan performa maksimal, kenyamanan dalam berkendara, tingkat kestabilan kendaraan, efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan lebih ramah lingkungan, desain stylish dan modern, serta memiliki harga yang terjangkau.

Sebelumnya, Anjar Rosjadi, Head of Marketing Product Planning Division (MPPD) PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan platform DNGA dalam group Toyota dikembangkan untuk segmen kei car, serta segmen A, dan B dengan banyak keunggulan yang dimiliki.

"Secara teknis, mulai dari penerapan seluruh fitur teknologi canggih Daihatsu yang bisa diimplementasi pada semua model berbasis DNGA, sampai waktu yang lebih cepat dalam proses pengembangan atau perubahan di setiap modelnya," kata Anjar beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, mobil Daihatsu yang telah menerapkan platform DNGA juga memiliki keunggulan, seperti penerapan seluruh fitur teknologi canggih dan terkini yang ada pada mobil Daihatsu dapat diimplementasikan ke semua model Daihatsu apapun yang telah berbasis DNGA.

Selain itu, Daihatsu juga mengklaim platform DNGA memiliki waktu yang lebih cepat dalam proses pengembangan atau perubahan desain di setiap modelnya. Sejauh ini, sudah 3 produk yang menggunakan platform tersebut, yakni New Tanto, Rocky, dan yang terakhir adalah Taft.

TNGA

Pengembangan DNGA berbarengan dengan Toyota New Global Architecture. atau TNGA. Namun demikian, antara TNGA dan DNGA berbeda dari segi peruntukannya.

DNGA digunakan untuk segmen A dan B, termasuk kei car di Jepang yang secara kubikasi mesin berada di bawah 1.500 cc. Sementara TNGA, diperuntukan untuk segmen di atasnya, termasuk jajaran kendaraan elektrifikasi Toyota.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/09/155100515/jelang-peluncuran-rocky-daihatsu-kenalkan-platform-dnga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke