Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Upaya Menggelar Event Otomotif di Masa Pandemi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 di Indonesia memang masih terjadi. Salah satu yang turut terdampak adalah industri otomotif dan modifikasi di Indonesia. Pandemi juga menuntut adanya adaptasi dalam memanfaatkan dunia digital secara maksimal.

Seperti Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 beberapa waktu lalu yang diadakan secara daring, ternyata mendapatkan apresiasi positif dari para pencinta otomotif dan modifikasi. Dengan begitu, industri modifikasi dan aftermarket dapat tetap bergairah.

Memanfaatkan platform digital, National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) selaku penggagas IMX melakukan Focus Group Discussion (FGD) pada Rabu (3/3/2021) bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan puluhan perwakilan komunitas mobil yang tergabung dalam wadah Indonesia Community (IC) serta para pemilik aftermarket lokal, influencer dan juga media.

FGD yang dilakukan mengambil tema "Industri Aftermarket & Lifestyle”, dengan sub topik “Industri Modifikasi Indonesia di tengah Pandemi COVID-19”.

Founder NMAA sekaligus IMX Project Director Andre Mulyadi membuka diskusi dengan mengatakan, potensi industri otomotif dan aftermarket di Indonesia harus menjawab tuntutan zaman.

“Sebab bagi khalayak Indonesia, expo modifikasi dianggap sebagai pengalaman baru. Sementara di Amerika Serikat atau Jepang, industri yang sama memiliki kegiatan eksebisi berusia kurang lebih 50 tahun,” kata Andre dalam siaran resmi yang Kompas.com terima Kamis (4/3/2021).

Dengan diadakannya IMX sejak 2018 lalu, Indonesia memiliki expo modifikasi sendiri. Bahkan pada 2020 lalu gelaran IMX yang diadakan secara virtual yang mampu menghadirkan terobosan event otomotif virtual pertama di Indonesia.

Selain itu, Pendiri Indonesia Community Gerry Imanuel mengatakan, IC turut mewadahi para pegiat modifikasi untuk menciptakan ruang alternatif bertemu dan berkumpul komunitas dari merek dan model mobil berbeda untuk meraih prestasi di bidang otomotif Indonesia.

“Sejauh ini, IC sudah mengantongi 260 komunitas mobil lebih heterogen yang diikuti sekitar 10.000 anggota,” ucap Gerry.

Menanggapi hal tersebut, Sandiaga Uno mengaku bangga terhadap pelaku industri otomotif dan modifikasi tanah air yang tidak pernah kehabisan ide untuk terus berkreasi menelurkan karya-karya terbaik meski dihantam dampak pandemi dan ketidakpastian situasi perekonomian saat ini.

“Kita berupaya ke depan dapat menggelar event hybrid. Sebelumnya sudah ada diskusi dengan pihak terkait supaya dapat menggerakkan industri kreatif yang belakangan ini sedang dalam masa sulit. Lebih lanjut Kemenparekraf/Baparekraf mendorong pelaku event dalam menggelar acara dengan persentase 70 persen event murni dan sisanya hybrid. Langkah ini merupakan bagian dari adaptasi di masa pandemi,” jelas Sandiaga Uno.

Kondisi tersebut, akan mulai digelar pada kuartal 3 atau 4 secara terbuka. Apalagi promosi sejumlah destinasi wisata super prioritas juga akan menggandeng penyelenggara event terutama di tempat wisata ikonik.

Tidak menutup kemungkinan dari segi event akan berkolaborasi dengan gelaran IMX.

“Saya pribadi terkesan cerita positif dan harapan kawan-kawan di industri otomotif dan modifikasi yang terdiri dari pelaku UKM kreatif. Karena itu, kami terus memotivasi para pelakunya sebagai pandemic winner di masa sulit saat ini,” tutur Sandiga.

Sandiaga Uno juga terus mengupayakan keberlangsungan industri otomotif dan aftermarket usai menjawab tawaran para pegiat modifikasi dalam program automotive lifestyle tourism.

Nantinya skema modifikasi dan aftermarket akan turut mempopulerkan kelima destinasi super prioritas akan dengan menciptakan magnet modifikasi lifestyle dan heritage.

“Untuk mewujudkan kolaborasi ini, meliputi industri otomotif, aftermarket hingga lifestyle harus terus berinovasi. Selain itu mendorong kolaborasi dengan Kementerian Perindustrian supaya dapat meneruskan misi besar di industri ini,” tutup Sandi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/05/162100915/upaya-menggelar-event-otomotif-di-masa-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke