Komparasi Adu Canggih Fitur Mazda CX-30 dengan Eclipse Cross

Kompas.com - 04/03/2021, 14:01 WIB
Mazda CX-30 vs Mitsubishi Eclipse Cross KOMPAS.com/Rully KurniawanMazda CX-30 vs Mitsubishi Eclipse Cross
|

JAKARTA, KOMPAS.comMazda CX-30 dan Mitsubishi Eclipse Cross barangkali jadi medium SUV yang punya fitur terlengkap di kelasnya. Beragam fitur canggih tersemat pada kedua mobil yang dihargai di rentang Rp 400 jutaan hingga Rp 500 jutaan.

Salah satu yang menarik, CX-30 memiliki fitur i-ACTIVSENSE. Fitur ini terdiri dari high beam control, smart city brake support, blind spot warning, rear cross traffic alert, lane departure warning system sampai lane keep assist.

Ada juga fitur adaptive cruise control yang bisa membuat CX-30 melaju layaknya mobil semi otonomus. Namun memang pada mobil ini fitur tersebut terasa cukup mengentak dan kurang halus.

Baca juga: Relaksasi Pajak, Harga Xenia Turun Rp 14 Juta Plus Diskon Rp 12 Juta

Interior Mazda CX-30KOMPAS.com/Ruly Interior Mazda CX-30

Fitur lain yang tidak kalah menarik misalnya head-up display, adaptive headlamp dan airbag yang cukup banyak.

Pada sisi interior, CX-30 juga memiliki sunroof. Fitur ini amat membantu menambah kesan lega pada ruang kabin yang tak terlalu luas.

Tak kalah dari CX-30, Eclipse Cross juga memiliki banyak fitur keselamatan. Mulai Stability Control, Hill Start Assist, rem parkir elektrik, Idling Stop System, Forward Collision Mitigation, serta Lane Departure Warning.

Baca juga: Honda City Hatchback Resmi Meluncur, Harga Diumumkan April

Mazda CX-30 vs Mitsubishi Eclipse CrossKOMPAS.com/Rully Kurniawan Mazda CX-30 vs Mitsubishi Eclipse Cross

Di interior, juga tersedia Head Up Display yang bisa diatur brightness dan sudut kemiringannya, serta Eco Mode untuk menjaga efisiensi selama berkendara. Namun sayang SUV ini belum memiliki fitur kamera 360.

Namun fitur paling menarik di SUV ini bagi kami adalah Active Cruise Control (ACC) yang mulai jamak di mobil kelas Rp 500 jutaan ke atas. Di Eclipse Cross, fitur ini mulai bisa bekerja di kecepatan minimal 30 kpj.

Anda bisa langsung mengaktifkannya dengan menekan tombol cruise control seperti biasa. Bedanya dengan CX-30, fitur ACC memungkinkan Anda untuk mengikuti kecepatan kendaraan di depan sampai berhenti total.

Baca juga: Bupati Gunungkidul Pemilik Kedua Maung Pindad Berbasis Militer

Test Drive Mitsubishi Eclipse CrossKompas.com/Dio Test Drive Mitsubishi Eclipse Cross

Saat mobil berhenti, fitur Auto Hold akan aktif, dan secara otomatis ACC akan berhenti beroperasi. Untuk mengaktifkannya, Anda tinggal melanjutkan dengan menggeser tombol cruise control ke bawah. Jarak antar kendaraan juga bisa disetel sesuai keinginan.

Hal ini cukup berguna, mengingat kondisi lalu lintas di Indonesia, khususnya Jakarta yang terbilang padat. Mengatur jarak terlalu dekat, mobil berpotensi mengerem mendadak dan membuat penumpang tidak nyaman.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X