Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Jok Motor yang Sobek, Siap-siap Celana Basah

Kompas.com - 23/02/2021, 14:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di saat musim hujan seperti saat ini, pengendara sepeda motor dituntut untuk lebih perhatian dengan kendaraannya. Termasuk soal jok motor, jika ada yang sobek sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

Pemilik workshop khusus jok Relaxseatmodification Andry Herdiyana mengatakan, jok sobek yang sering terkena air dan panas bisa membuat busa di dalamnya getas dan mudah lapuk.

Baca juga: Wajib Cek Rem Tromol Motor Setelah Terendam Banjir

“Mirip seperti sol sneakers yang bentuk busa, itu kan bisa hancur. Sama seperti busa jok yang kita duduki, karena busa dibuat dari bahan kimia,” ujar Andry saat dihubungi Kompas.com, Senin (22/2/2021).

Tidak hanya soal keawetan busa, jok sobek juga merugikan pengendara. Jika terkena hujan atau bahkan sekedar habis cuci motor, maka celana akan basah karena air terlanjur menyerap ke dalam busa.

Jok Motor Relaxseat Modification Foto: Istimewa Jok Motor Relaxseat Modification

Jok sobek itu sebetulnya sudah tidak enak untuk digunakan. Sudah pasti itu celana basah walaupun hujannya sudah berhenti sebab kan busanya berair. Kemudian secara estetika juga merusak pandangan,” katanya.

Andry menyarankan, jika jok sobek sebaiknya langsung diganti. Apalagi harga kulit jok sebetulnya tidak terlalu mahal dan masih cukup terjangkau.

Baca juga: Laksana Ekspor 8 Bus Tingkat ke Bangladesh

“Harganya bervariasi, tapi masih terjangkau dari Rp 50.000 sampai yang mahal juga ada. Tergantung material dan tempatnya. Kalau mau yang murah, tempat jok julit di pinggir jalan juga banyak yang jual,” ucap Andry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com