Wajib Cek Rem Tromol Motor Setelah Terendam Banjir

Kompas.com - 22/02/2021, 18:21 WIB
Sejumlah sepeda motor milik warga yang baru saja habis terendam banjir yang menerjang wilayah Jakarta Timur, Selasa (5/2/2018). Kompas.com/Stanly RavelSejumlah sepeda motor milik warga yang baru saja habis terendam banjir yang menerjang wilayah Jakarta Timur, Selasa (5/2/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini banjir melanda beberapa wilayah Jakarta pada hari Sabtu (20/2/2021). Hal ini menyebabkan beberapa barang milik warga terendam, salah satunya motor.

Setelah surut, ketika ingin kembali menggunakan motor, ada satu komponen yang perlu dicek juga, yakni sistem pengereman. Perlu diingat, posisi sistem pengereman yang ada di motor sudah tentu ikut terendam banjir.

Kepala Bengkel Yamaha Mekar Motor Bogor Hilman mengatakan, motor yang terendam banjir performanya akan berkurang tidak seperti biasanya.

Baca juga: Triton Salah Masuk Gigi dan Masuk Sungai, Kenali Kendaraan Sebelum Nyetir

Rem tromolStanly/Otomania Rem tromol

“Untuk motor yang remnya masih tromol, performa rem bisa berkurang kalau terendam. Namun untuk yang cakram ganda, efek terendam tidak akan mengurangi performa pengereman,” ucap Hilman kepada Kompas.com, belum lama ini.

Saat rem tromol terendam, biasanya akan mengunci. Hal ini dikarenakan permukaan kampas rem tromol yang basah sehingga menempel ke rumah rem, oleh karena itu, motor terasa sulit untuk dijalankan.

Baca juga: Berapa Besar Penurunan Harga Mobil Bekas saat Bebas PPnBM Berlaku?

“Sebelum dikendarai sebaiknya untuk motor yang masih menggunakan rem tromol mengecek bagian kabel rem, tuas rem yang bawah. Kalau bisa dibongkar tromolnya untuk melihat kondisi kampas rem tromol dan per yang ada di dalam tromol,” ucap Hilman.

Jika tidak bisa membongkarnya, cukup mainkan rem dengan cara menekannya secara berulang ketika motor berjalan perlahan. Dengan melakukan hal tadi, permukaan kampas rem dan komponen tromol jadi lebih kering.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X