Mengemudi Mobil Transmisi Manual yang Benar untuk Pemula

Kompas.com - 19/02/2021, 12:12 WIB
Ilustrasi belajar mengemudi. DVSA via The SunIlustrasi belajar mengemudi.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki mobil baru memang belum tentu bisa mengemudikannya dengan baik dan benar.

Seperti yang terjadi pada sejumlah warga di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban, Jawa Timur (Jatim).

Meski tidak sedikit yang belum bisa menyetir, warga yang baru saja menjadi “miliarder dadakan” tersebut langsung memborong kendaraan roda empat.

Setelah memiliki mobil sendiri, warga pun mulai belajar mengemudi. Bagi pemula, salah satu yang perlu diperhatikan ketika belajar mengemudi adalah sistem transmisinya.

Baca juga: Heboh Warga Satu Kampung Beli Ratusan Mobil Baru, Diler Kewalahan

Misalkan saja mobil yang digunakan bertransmisi manual seperti yang banyak dipilih oleh warga Desa Sumurgeneng.

Mitsubishi Xpander Black Edition hadir dalam dua varian transmisi yakni manual dan AT. Mitsubishi menawarkan dua pilihan warna yakni quartz white pearl dan jet black mica. Xpander Black Edition dibanderol Rp 257,1 juta untuk transmisi manual dan Rp 267,5 juta untuk varian AT
APHIT McKlein Mitsubishi Xpander Black Edition hadir dalam dua varian transmisi yakni manual dan AT. Mitsubishi menawarkan dua pilihan warna yakni quartz white pearl dan jet black mica. Xpander Black Edition dibanderol Rp 257,1 juta untuk transmisi manual dan Rp 267,5 juta untuk varian AT

Mengemudikan kendaraan roda empat dengan transmisi manual berbeda dengan mobil transmisi matik.

Pengemudi harus menguasai teknik pemindahan gigi dengan menginjak pedal kopling. Sedangkan untuk mobil matik, pengemudi cukup menginjak pedal gas saja saat akan menjalankan mobil.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, bagi pengemudi pemula perlu memperhatikan model perpindahan gigi.

Pasalnya, model perpindahan transmisi tidak sama antara mobil yang satu dengan yang lainnya.

Baca juga: Dapat Uang Rp 24 Miliar, Pria Ini Beli Xpander Meski Belum Bisa Nyetir

“Kenali dulu model pemindahan gigi, terkadang transmisi mobil manual antara yang satu dengan yang lain berbeda. Ini untuk kenyamanan dan keamanan selama berkendara,” ujar Suparna kepada Kompas.com, belum lama ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X