Mengenal Fungsi dan Cara Kerja Diferensial

Kompas.com - 16/02/2021, 14:41 WIB
Ilustrasi gardan mobil. trucktrend.comIlustrasi gardan mobil.

JAKARTA, KOMPAS.comDiferensial merupakan komponen penting untuk meneruskan daya yang dikeluarkan oleh mesin dari poros propeler ke poros as, menggerakkan kedua roda belakang.

Pada bahasan Otopedia kali ini, kita akan membahas lebih dalam soal fungsi, cara kerja, dan perawatan dari diferensial yang ada di kendaraan dengan model mesin depan penggerak belakang.

Mengutip dari buku “Teori dan Reparasi Sistem Pemindah Tenaga” karangan Wuyung Setyono dan Daryanto, Diferensial berfungsi untuk membedakan putaran as roda kanan dan kiri.

Baca juga: Beli Motor Yamaha di Bulan Ini, Cicilannya Nol Persen

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tech Mech (@_techmech)

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika sedang berjalan, roda kanan dan kiri tidak selalu berputar pada kecepatan yang sama, terutama saat sedang berbelok. Saat berbelok, roda bagian luar berputar lebih cepat daripada roda bagian dalam.

Jika tidak memakai diferensial, mobil memang tetap bisa berbelok, namun ada sisi yang mengalami selip.

Komponen pada diferensial yang berperan membedakan putaran roda kanan dan kiri adalah bagian unit Differential Gear yang terdiri dari Differential Carrier, Side Gear dan Pinion Gear.

Untuk cara kerjanya, ketika mobil belok kiri, roda sisi kiri akan mengalami beban yang lebih besar daripada sisi kanan. Side gear kiri akan bergerak melawan pinion gear agar tidak berputar.

Baca juga: Mepet Avanza, Lebih Murah dari Rush, Ini Estimasi Harga Toyota Raize

Dengan begitu, side gear kanan akan diputar dengan pinion gear lalu diteruskan ke as roda. Sehingga roda kanan akan berputar lebih cepat daripada roda kiri.

Untuk perawatannya, Dealer Technical Department Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, cukup dengan mengganti olinya secara berkala.

“Ganti oli diferensial berkala saja, setiap 40.000 km,” ucap Didi kepada Kompas.com, Selasa (16/2/2021).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X