Toyota Vios Jadi Sedan Tunggal Penikmat PPnBM 0 Persen

Kompas.com - 16/02/2021, 12:41 WIB
Toyota Vios terbaru yang meluncur di Malaysia. Toyota MalaysiaToyota Vios terbaru yang meluncur di Malaysia.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Vios menjadi sedan satu-satunya di Indonesia yang menikmati insentif fiskal berupa pengurangan tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) tahun ini.

Pasalnya, mobil tersebut telah memenuhi syarat pemberian relaksasi yaitu berkapasitas mesin kurang dari 1.500 cc, berpenggerak 4x2, dan diproduksi lokal dengan tingkat kandungan lokal di atas 70 persen.

Adapun insentif PPnBM akan diberikan dalam tiga tahap yang masing-masing berdurasi selama tiga bulan mulai Maret 2021 dengan besaran, 100 persen, 50 persen, dan 25 persen.

Baca juga: Bocoran Harga Mobil Toyota Usai Insentif PPnBM 0 Persen

Toyota Vios LimoStanly/Otomania Toyota Vios Limo

"TKDN Vios kini sebesar 75 persen. Tapi lebih jauh tentang relaksasi ini, kita pelajari dahulu," ujar Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam saat dihubungi Kompas.com, Selasa (16/2/2021).

Menurut catatan pabrikan, sebanyak 63 pemasok lapis pertama terlibat dalam kegiatan produksi serta ekspor kendaraan ini. Adapun pasar ekspornya ada 11 negara di kawasan ASEAN dan Timur Tengah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara Honda City, Honda Civic, serta seluruh sedan merek BMW dan Mercedes-Benz masih berstatus completely knocked down (CKD) dengan kandungan lokal di bawah 70 persen.

Melalui relaksasi tersebut, menurut bocoran dari sumber Kompas.com diperkirakan harga jual dari Vios bisa turun sampai Rp 55 juta - Rp 62 jutaan.

Baca juga: Spesifikasi Maung Pindad yang Dibeli Bupati Jember Terpilih

Ekspor Toyota Vios.TMMIN Ekspor Toyota Vios.

Sehingga, terbentuk estimasi harga baru sekitar Rp 249,9 juta sampai Rp 284,8 jutaan dari banderolan awal yaitu Rp 311,9 juta hingga Rp 346,8 juta.

Bicara spesifikasinya, Vios diperkasai mesin 2NR-FE berkapasitas 1.500 cc dengan teknologi dual VVT-i. Dapur pacu itu mampu merilis tenaga maksimum 105 dk dan torsi 140 Nm.

Fitur keselamatannya ada tujuh airbags, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS), serta sabuk pengaman tiga titik pada seluruh kursi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.