Berkendara Jauh di Musim Hujan, Begini Persiapannya

Kompas.com - 07/02/2021, 14:41 WIB
Ilustrasi berkendaraa saat hujan. CarGuide.PHIlustrasi berkendaraa saat hujan.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Memastikan kondisi mobil selalu dalam keadaan prima merupakan suatu keharusan bagi pemilik agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan serta merugikan di kemudian hari.

Apalagi, saat ini curah hujan di berbagai wilayah Indonesia masih cukup tinggi di samping adanya libur panjang atas perayaan Tahun Baru Imlek 2021 pada pekan depan.

"Long weekend tersebut memberikan kesempatan untuk berlibur dengan keluarga. Tetap jaga protokol kesehatan dan mobil harus dalam kondisi prima," Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara dalam pernyataannya, Minggu (7/2/2021).

Baca juga: Jangan Nekat atau Sembarangan Terjang Banjir, Banyak Risikonya

Ilustrasi berkendara saat hujan.Larmoyeux & Bone Ilustrasi berkendara saat hujan.

Menurut Imansyah, sedikitnya ada 5 persiapan yang harus dilakukan pemilik untuk menghindari potensi tak menyenangkan saat kegiatan terkait.

Pertama, pemilik harus senantiasa memeriksa keadaan ban mobil guna menjaga keselamatan berkendara. Biasanya, dalam keadaan liburan jumlah penumpang di mobil akan lebih banyak seiring dengan barang bawaannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Cuaca yang kurang bersahabat juga akan mempersulit keadaan jika ban tidak prima. Jadi, harus benar-benar dipastikan," ujar dia.

Kemudian, cek juga kondisi mesin dengan cara paling sederhana yaitu kencangkan kabel busi dan kabel aki. Periksa pula rumah saringan udara dari risiko bocor, cek standar ketinggian oli mesin, dan cairan lain di dalam ruang mesin seperti air radiator dan minyak rem.

Baca juga: Seberapa Perlu Kuras Oli Transmisi Mobil Matik?

Ilustrasi berkendara di tol trans jawadok.HPM Ilustrasi berkendara di tol trans jawa

Selanjutnya yaitu memastikan kinerja rem optimal. Sebab, saat mobil melaju di jalan basah performa rem cenderung akan menurun dan cepat jenuh.

"Sehingga penting untuk memastikan minyak rem di dalam tabung. Lalu, periksa juga piringan, teromol, kampas, dan saluran minyak rem," papar Imansyah.

Keempat, pengendara atau pemilik mobil patut memastikan seluruh kelistrikan berfungsi baik seperti lampu dan AC. Terlebih, bila perjalanan lebih sering melintas di jalur tol.

AC yang bekerja tanpa kendala memastikan seluruh penumpang merasa nyaman dan membantu visibilitas di tengah hujan deras. Jangan lupakan dongkrak dan perlengkapan darurat, kartu e-toll dengan saldo cukup, obat-obatan, masker, serta hand sanitizer.

"Manfaatkan juga Promo Chinese New Year 2021 – Pasti Hoki dari Auto2000 sebelum liburan long weekend. Ada 3 opsi paket promo diskon, yakni Paket Ganti Oli, Paket Servis Rem, dan Paket Tune Up," tutup dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.