Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lin Jarvis Pastikan Masalah di Mesin M1 Tak Akan Terulang

Kompas.com - 16/02/2021, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada MotoGP 2020, Yamaha mengalami masalah teknis pada YZR-M1. Di musim ini, Yamaha sudah memastikan hal tersebut tidak akan terulang lagi.

Di bagian mesin M1 2020, katup atau klep yang digunakan bermasalah. Kejadian ini mengganggu performa Valentino Rossi, Franco Morbidelli, dan Maverick Vinales.

Baca juga: Lorenzo Bicara Soal Pengembangan Motor Balap Yamaha M1

Dengan pengembangan mesin yang dibekukan untuk MotoGP 2021, tak sedikit yang memertanyakan bagaimana ketahanan dari komponen mesin M1.

Yamaha YZR-M1 2021GIGI SOLDAN0 MILAGRO Yamaha YZR-M1 2021

Direktur Balap Yamaha Lin Jarvis, mengatakan, klep yang digunakan untuk musim ini sudah diganti dengan yang bagus. Yamaha memulai musim ini dengan klep yang sudah diketahui tidak memiliki masalah teknis.

"Dalam proses ketika kami harus menghadapi masalah tahun lalu, kami juga belajar banyak, bagaimana menyetel dan tentang ketahanan mesin," ujar Lin Jarvis, dikutip dari Speedweek.com, Selasa (16/2/2021).

Lin Jarvis menambahkan, tahun lalu bisa dilihat beberapa pebalap Yamaha mampu menggunakan mesin dengan jumlah kilometer yang luar biasa, karena memang terpaksa.

Baca juga: Morbidelli Batal Tunggangi Yamaha M1 Spek Pabrikan

"Secara pribadi, dan saya berharap ini dikonfirmasi, saya tidak punya kekhawatiran terkait ketahanan mesin. Ketika bicara soal performa dan tenaga, kami tahu ada kekurangan dibanding lawan kami. Itu akan tetap seperti itu," kata Lin Jarvis.

Dia mengatakan, salah satu keuntungan dari pembekuan pengembangan mesin adalah situasinya tidak berubah. Sebab, jika tim bisa mengembangkan mesin, akan mendapat tenaga lebih. Tapi, bisa juga lawan meningkat lebih besar.

"Dalam situasi ini, bagaimana pun juga, performa cukup dapat diprediksi," ujar Lin Jarvis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com