Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manuver di Jalan Sempit, Jangan Cuma Andalkan Lampu Sein

Kompas.com - 15/02/2021, 18:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalanan yang ada di Indonesia bisa dikatakan sangat beragam, dari yang luas memeiliki beberapa lajur sampai yang sempit. Selain itu jalanan juga dipenuhi oelh berbagai karakter orang.

Misalnya seperti video yang diunggah oleh akun Dashcam Indonesia di Instagram. Pada video tersebut, terlihat mobil silver yang ingin masuk ke minimarket. Mobil sudah memberi sein, namun ada motor yang menyalipnya hingga hampir tertabrak.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, dari video tersebut, terlihat ketika berkendara aman saja belum tentu selamat. Walaupun mobil sudah berusaha aman, namun hampir saja terjadi kecelakaan.

Baca juga: Estimasi Harga Honda Jazz dkk Setelah PPnBM 0 Persen dan Diskon

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

“Saat mobil akan berbelok ke kanan, sudah benar menyalakan lampu sein, tapi tetap harus lihat spion untuk memastikan benar-benar clear atau aman,” ucap Sony kepada Kompas.com, Senin (15/2/2021).

Kemudian, dengan menyalakan lampu sein bukan berarti boleh atau aman dalam berbelok atau bermanuver. Sony mengatakan, namanya berbelok, berpindah atau mengubah jalur harus aman dan seizin pengguna jalan lain.

“Etikanya tunggu aman dahulu baru lakukan manuver. Makanya di video itu, menyalakan lampu sein saat akan manuver, berhenti sampai benar-benar aman,” kata Sony.

Baca juga: Dapat PPnBM 0 Persen dan Diskon, Harga Low MPV Bisa Semurah LCGC

Terakhir, Sony mengingatkan untuk lebih berhati-hati ketika berkendara di daerah pinggiran kota yang relatif tidak tertib lalu lintas. Sering ditemui pengendara yang tidak menggunakan riding gear dan tidak tertib.

“Jika bertemu pengendara yang seperti tadi, jauhi atau menghindar. Dia bukan enggak memerhatikan, tapi memang enggak mau mengalah,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com