Arus Lalu Lintas Libur Imlek Landai, Berikut Alasannya

Kompas.com - 14/02/2021, 16:15 WIB
Ilustrasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021 JASA MARGAIlustrasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri menyebut arus lalu lintas kendaraan bermotor di periode akhir pekan dan libur Imlek tidak mengalami lonjakkan yang signifikan, terkhusus arah ke Jawa.

Berdasarkan catatannya, arus kendaraan yang keluar tol Cikampek arah ke Jawa hanya naik 9-10 persen dari volume lalu lintas di kondisi normal. Padahal, diproyeksi jalur tersebut bakal padat.

"Kita sudah mendengar juga informasinya dan melakukan pengecekkan ke lapangan langsung, yakni di KM 19, KM 57, yang akan mengarah ke Jawa maupun Bandung. Benar, tak ada peningkatan arus signifikan," kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudi Antariksa, Sabtu (13/2/2021).

Baca juga: Kemenkeu Setuju, Ini Alasan Mobil di Bawah 1.500 cc Dapat Diskon Pajak

Gebang Tol Cikampek Utama Jasa Marga Gebang Tol Cikampek Utama

“Kita juga konfirmasi ke gate tol Cikampek Utama, ada kenaikan 9-10 persen arus mengarah ke Jawa," sambungnya.

Ia mengatakan kondisi landainya arus mudik libur imlek diiringi sosialisasi yang dilakukan pemerintah melalukan surat edaran gugus tugas No 7 tentang larang Berpergian di masa liburan imlek bagi ASN, TNI dan Polri maupun BUMN.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, pandemi Covid-19 yang belum berakhir juga disebut membuat masyarakat lebih memilih di rumah di libur imlek ini.

“Jadi ini memang karena sangat efektif Karena sosialisasi dari surat edaran gugus tugas tentang larang berpergian jauh di libur panjang ini dan adanya perpanjangan PPKM," kata Rudi.

Di samping itu, cuaca ekstrem di beberapa wilayah yang sedang tidak bagus juga membuat masyarakat untuk tidak berpergian.

Baca juga: Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Punya Dua Mesin, Harga Dasar di Bawah Rp 200 Juta

Sejumlah kendaraan melintasi genangan air saat banjir di jalur Pantura kota Kendal, Jawa Tengah, Senin (8/2/2021). Sejak dua hari lalu jalur Pantura di kota Kendal tergenang air sehingga mengakibatkan lalu lintas tersendat, selain itu banjir juga menggenangi puluhan desa di kabupaten Kendal.ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN Sejumlah kendaraan melintasi genangan air saat banjir di jalur Pantura kota Kendal, Jawa Tengah, Senin (8/2/2021). Sejak dua hari lalu jalur Pantura di kota Kendal tergenang air sehingga mengakibatkan lalu lintas tersendat, selain itu banjir juga menggenangi puluhan desa di kabupaten Kendal.

Salah satunya banjir di pantura dan amblesnya jalan tol di KM 122 Cipali akibat tanah bergerak karena curah hujan yang tinggi.

“Iya pasti ada pengaruhnya. Suasanya yang masih pandemi ini kemudian juga masyarakat memantau bahwa di musim cuaca ekstrem ini ada kerusakan di KM 122 tol Cipali," ujar Rudi.

"Kemudian di jalur-jalur pantura ada banjir, Semarang, Subang, di pantura banyak yang banjir. Nah ini masyarakat sudah ada larangan juga, suasana dimana mana banjir, ada tanah longsor, kalau tidak penting-penting sekali ngapain harus pergi,” paparnya.

Meski begitu, Rudi memastikan jajaran Polisi Lalu Lintas sebagaimana instruksi Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono telah menyiapkan sejumlah skenario bila terjadi kepadatan kendaraan di titik-titik yang rawan seperti contraflow.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.