Jangan Asal, Begini Cara Benar Menyetel Spion Tengah

Kompas.com - 28/01/2021, 14:01 WIB
Pandangan dari spion tengah Wuling Almaz agak terbatas KompasOtomotif - AFHPandangan dari spion tengah Wuling Almaz agak terbatas

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara umum, spion berfungsi untuk memberikan pengemudi visibilitas yang lebih baik saat berkendara. Seperti halnya di sisi kanan-kiri mobil, kaca spion tengah di kabin juga perlu di atur sebelum berkendara.

Spion tengah di interior tidak hanya bisa memantau isi seluruh kabin dan kendaraan di belakang, tapi juga berguna saat mobil sedang mundur.

Baca juga: Jeep Gladiator dan Wrangler Diajak Bermain di Habitatnya             

Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian mengatakan, pengemudi yang ingin mengatur kaca spion tengah harus disesuaikan dengan postur tubuh pengendara dan posisi mengemudi yang nyaman.

Posisi duduk Toyota Supra 2019 yang mantap dapat ditemukan dengan trik khususKompas.com - AFH Posisi duduk Toyota Supra 2019 yang mantap dapat ditemukan dengan trik khusus

Deni melanjutkan, sebelum menyetel spion, atur dulu posisi berkendara pengemudi. Manfaatkan tuas reclining atau pengaturan maju-mundur, juga pengaturan ketinggian jok.

“Jika sudah mendapat posisi ideal untuk berkendara, arahkan pengelihatan spion tengah dengan menekan kaca ke atas, bawah, kanan, dan kiri. Usahakan ketika melihat spion, kepala tidak hanya bergerak,” ujar Deni saat dihubungi kompas.com, Rabu (28/1/2021).

Baca juga: Jam Operasional Transportasi Umum Diperpanjang Sampai Pukul 21.00 WIB

Pastikan juga pengemudi dapat melihat posisi belakang mobil, agar dapat mengetahui jarak belakang mobil dengan kendaraan lain.

“Selain itu, spion tengah juga membantu pengemudi untuk melihat belakang saat mobil hendak mundur, misalnya saat parkir. Jadi bisa mengetahui jarak mobil dengan tembok atau objek yang berada di belakang,” kata Deni.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X