Jangan Lama-lama Berdekatan dengan Truk atau Bus, Bahaya

Kompas.com - 26/01/2021, 18:21 WIB
Fenome menyalip dari kiri di ruas Panturan saat Komprasi Jalur Trans Jawa Fenome menyalip dari kiri di ruas Panturan saat Komprasi Jalur Trans Jawa

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara aman saat berkendara adalah dengan memperhatikan kondisi lalu lintas di sekitar, seperti jaga jarak dengan kendaraan lain yang ada di depan maupun belakang.

Terutama dengan kendaraan yang lebih besar, seperti truk ataupun bus. Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, jangan terlalu lama berada di depan maupun di belakangnya.

Baca juga: Lokasi Samsat Keliling di DKI Jakarta dan Sekitarnya

Truk atau bus itu bisa berhenti secara tiba-tiba,” ucap Jusri saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Jusri melanjutkan, yang harus dilakukan oleh pengemudi lain, yakni tetap fokus selama berkendara, jangan sambil main ponsel, karena bisa membahayakan diri sendiri dan juga orang lain di sekitar.

Ilustrasi slipstream di belakang trukcnet.com Ilustrasi slipstream di belakang truk

“Jika penting atau dalam kondisi aman tentunya diperbolehkan mendahului kendaraan itu jika kita sedang di belakang. Atau paling tidak, jaga jarak aman dengan kendaraan di sekitar,” ujar Jusri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Belum lama ini, Jusri juga mengatakan bahwa kendaraan besar seperti itu sangat rawan sekali mengalami masalah seperti rem blong, atau bahkan jika menanjak terkadang apabila tidak kuat akan turun lagi.

Baca juga: Sidang Pertama Kasus DFSK Glory 580 Tak Kuat Nanjak Siap Digelar

Selain itu, pengemudi kendaraan besar seperti bus dan truk juga punya masalah dengan blind spot. Mereka kadang tidak melihat dan sadar jika ada kendaraan lain di sekitarnya.

“Jadi usahakan jangan terlalu lama berada di dekat-dekat kendaraan besar,” ucap Jusri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.