Masih Banyak Pengendara yang Meremehkan Fungsi Spion Motor

Kompas.com - 26/01/2021, 10:22 WIB
Spion motor mini bukalapakSpion motor mini


JAKARTA, KOMPAS.com - Penyematan spion di kanan-kiri sepeda motor dibuat sesuai standar internasional. Tujuannya yaitu untuk memudahkan pengendara memantau kondisi belakang kendaraan.

Tapi, tak sedikit pengendara motor yang masih meremehkan fungsi spion. Salah satu yang sering terlihat ialah mencopot, hanya memakai satu, atau melipat spion.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, spion dirancang dua kanan-kiri karena dirancang membantu pengendara ketika pindah lajur.

Baca juga: Lebih Rawan Kecelakaan, Ini Tips Khusus Berkendara Malam Hari

Ilustrasi berkendara di era new normalIstimewa Ilustrasi berkendara di era new normal

" Spion untuk memastikan area yang dilalui aman. Untuk itu posisi spion harus ada di kanan dan kiri, karena saat berkendara kita tidak hanya berbelok ke kanan atau kiri saja," katanya kepada Kompas.com, Senin (25/1/2021).

Berdasarkan alasan ini, kata Agus, spion punya fungsi penting dalam berkendara. Sayangnya di lapangan, banyak yang kurang sadar pentingnya spion.

Selain mencopot spion, tak jarang pengendara motor mengganti kaca spion standar dengan yang lebih kecil atau menempatkan spion di bagian yang sulit dilihat oleh mata. Perilaku yang justru menghapus fungsi sejati spion, sehingga tidak berguna sama sekali!

Baca juga: Tips Cuci Mobil agar Kondisi Cat Tetap Terjaga

Spion MotorKOMPAS.com/Gilang Spion Motor

Spion yang terlalu kecil dan sulit dilihat membuat area blindspot semakin besar. Sebab motor juga punya blindspot atau titik buta.

"Spion standar bawaan pabrik saja mempunyai keterbatasan pandangan karena tidak bisa menyajikan seluruh area bagian belakang," katanya

"Sehingga pengendara perlu menengok ke bagian samping kanan atau kiri untuk melihat area blindspot," kata Agus.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X