Salah Kaprah Berkendara Saat Hujan, Menyalakan Lampu Hazard

Kompas.com - 24/01/2021, 10:21 WIB
Ilustrasi Lampu Hazard OtomotifnetIlustrasi Lampu Hazard
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudikan kendaraan bermotor di jalan raya tidak hanya butuh keahlian dalam mengendalikan kendaraan saja.

Tetapi, pemahaman mengenai setiap fungsi indikator atau tanda isyarat juga diperlukan agar berkendara tetap aman dan nyaman.

Seperti halnya tanda lampu hazard pada kendaraan yang sekarang ini tidak hanya pada mobil saja, tetapi juga sudah diaplikasikan di beberapa tipe motor keluaran terbaru.

Penggunaannya juga harus sesuai dengan peruntukannya, sehingga tidak membingungkan pengguna jalan lain dan justru bisa menjadi pemicu terjadinya kecelakaan.

Baca juga: 5 Langkah Mengetahui Berapa Biaya Pajak Kendaraan Bermotor

Lampu pemberi isyarat ini tidak disarankan untuk dinyalakan setiap waktu karena indikator ini hanya untuk kondisi darurat saja.

Ilustrasi berkendaraa saat hujan.CarGuide.PH Ilustrasi berkendaraa saat hujan.

Akan tetapi, sekarang ini tidak sedikit pengemudi yang menyalakan lampu hazard saat berkendara di bawah guyuran air hujan.

Lalu perlukah menyalakan lampu hazard saat berkendara dalam kondisi hujan?

Training Director & Founder Jakarta Defensive Driving Consulting ( JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, penggunaan lampu hazard hanya dihidupkan saat kendaraan darurat dan diam.

Sedangkan, jika kendaraan dalam posisi melaju atau bergerak tidak diperbolehkan untuk menyalakan lampu hazard, terlebih saat berkendara di bawah guyuran hujan.

Baca juga: Bisa atau Tidak SIM Gantikan KTP Saat Bayar Pajak Kendaraan?

“Penggunaan lampu hazard dilarang ketika kendaraan sedang dinamis atau bergerak. Bukan dipakai pada saat hujan, kabut, malam hari, konvoi, bahkan sebagai indikator berjalan lurus di persimpangan, itu salah kaprah,” ujar Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X