Impresi Honda All New CBR150R, Terasa Handling Lebih Mumpuni

Kompas.com - 15/01/2021, 09:02 WIB
Honda All New CBR150R AHMHonda All New CBR150R

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah resmi meluncurkan Honda All New CBR150R, PT Astra Honda Motor (AHM) juga mengajak rekan-rekan media untuk mengikuti sesi test ride di AHM Safety Riding Park, Deltamas, Cikarang, Kamis (12/1/2021).

Secara tampilan, tak bisa dipungkiri bahwa motor sport 150 cc ini sangat mirip dengan CBR250RR. Terlihat dari desain lampu depan yang serupa.

Baca juga: Bisakah 2 Fitur Baru All New Honda CBR150R Dipakai di Model Lama?

Selain itu, All New CBR150R juga sudah mengandalkan inverted front suspension atau suspensi depan upside-down. Diameter suspensi ini juga sama dengan CBR250RR, yakni 37 mm.

Honda All New CBR150RAHM Honda All New CBR150R

Di area test ride yang sudah disediakan, test rider Kompas.com dengan postur tinggi 155 cm dan berat 57 kg bisa cukup merasakan performa dari generasi terbaru All New CBR150R ini.

Saat naik ke atas motor, tinggi tempat duduknya yang mencapai 782 mm tidak terlalu menyiksa. Meski jinjit, tapi All New CBR150R dengan berat 139 kg (tipe ABS) masih cukup mudah dikendalikan.

Baca juga: Seperangkat Obat Ganteng Resmi Honda All New CBR150R

Posisi berkendaranya cukup ergonomis, tidak terlalu merunduk. Sebab, posisi setangnya juga masih di atas segitiga atau top yoke. Berbeda dengan CBR250RR yang menggunakan model under yoke.

Honda All New CBR150RAHM Honda All New CBR150R

Bentuk tangkinya membuat posisi paha jadi semakin mantap menjepit motor. Ubahan ini membuat kemampuan bermanuver jadi lebih baik. Ditambah lagi, bobotnya cukup ringan juga membantu All New CBR150R jadi lebih lincah.

Sayangnya, area test ride yang disediakan di AHM Safety Riding Park ini tidak ada rintangan bumpy. Jadi, kurang bisa merasakan kenyamanan dari suspensi depan saat melewati permukaan jalan yang rusak. Tapi, suspensi depan upside-down ini cukup andal saat di tikungan. All New CBR150R dirasa cukup stabil.

Untuk performanya, sebenarnya spesifikasi mesin tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Top speed motor sport full fairing ini tidak bisa dicapai karena trek lurus yang disediakan hanya berjarak 280 meter. Namun, akselerasinya cukup baik, tidak jauh berbeda dari generasi sebelumnya.

Baca juga: Honda Sebut Konversi Jadi Alternatif Punya Motor Listrik

Honda All New CBR150RAHM Honda All New CBR150R

Ubahan paling signifikan ada pada koplingnya yang sudah dibekali fitur Assist & Slipper Clutch. Tarikan tuas kopling jadi lebih ringan berkat fitur Assist.

Saat test rider Kompas.com melakukan perpindahan gigi secara ekstrem dari kecepatan tinggi, engine brake yang dihasilkan tidak kasar. Engine brake jadi lebih halus berkat Slipper Clutch.

All New CBR150R tersedia dengan dua tipe, ABS dan non ABS, dan dibanderol mulai dari Rp 35.900.000 (OTR Jakarta) hingga Rp 40.800.000 (OTR Jakarta).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X