Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelabuhan Patimban Diklaim Mampu Genjot Ekspor Otomotif

Kompas.com - 11/01/2021, 11:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengklaim Pelabuhan Patimban mampu mendorong kinerja pengapalan mobil dalam bentuk jadi atau completely built up (CBU) lebih mudah dan efisien.

Hal ini seiring dengan lokasi pelabuhan yang strategis berada di Subang, Jawa Barat dan kondisi wilayah tidak padat seperti Pelabuhan Tanjung Priok. Sehingga, diharapkan ekspor otomotif bisa semakin meningkat.

"Pengiriman mobil CBU terutama dari sekitar kawasan industri di Karawang lebih efisien melalui Pelabuhan Patimban, baik tujuan ekspor maupun antar pulau," kata Budi dalam konferensi virtual belum lama ini.

Baca juga: Siap-siap, Tarif Tol JORR Naik Lagi

Jalan Akses Pelabuhan Patimban sepanjang 8,2 kilometer siap dilintasi dan melayani arus logistik pada Oktober 2020.Kementerian PUPR Jalan Akses Pelabuhan Patimban sepanjang 8,2 kilometer siap dilintasi dan melayani arus logistik pada Oktober 2020.

Menurut dia, keberadaan Pelabuhan Patimban juga akan memperkuat keadaan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai wilayah pengkapalan utama di Indonesia.

"Lebih jauh, ini bisa mengurangi kepadatan di Tanjung Priok yang seiring menyebabkan kemacetan di ruas jalan Bekasi dan Jakarta," ujar Budi.

Pada kesempatan sama, dirinya pun menyebut saat ini pembangunan fasilitas car terminal di Pelabuhan Patimban dan untuk pembangunan terminal peti kemas tahap pertama akan segera selesai.

"Dengan rampungnya car terminal ini, diharapkan dapat meningkatkan ekspor produk otomotif sebanyak 600.000 CBU per tahun," ucap Budi.

Baca juga: Sejarah Rem ABS, Berangkat dari Pesawat Jadi Standar Mobil Baru

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kementerian Perhubungan RI (@kemenhub151)

"Kita dapat memulai dengan prinsip efisiensi biaya dan waktu untuk beroperasinya pelabuhan terkait," kata Budi.

Data Gaikindo mencatat, produksi mobil di dalam negeri pada 2019 lalu mencapai 1,2 juta unit. Sementara jumlah penjualannya mencapai 1 juta unit di dalam negeri dengan komposisi ekspor mencapai 332.000 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com