Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Razia Knalpot Bising, Langsung Dirusak di Tempat

Kompas.com - 04/01/2021, 12:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan knalpot racing pada sepeda motor banyak dilakukan untuk meningkatkan performa mesin. Namun, sebagian knalpot menghasilkan suara yang dianggap orang mengganggu atau terlalu berisik.

Belum lama ini, viral di media sosial terkait video razia yang digelar kepolisian di daerah Bandung. Dari video yang diunggah oleh akun Instagram itu terlihat petugas kepolisian langsung memukul sepeda motor yang lewat menggunakan tongkat.

Baca juga: Benarkah Knalpot Racing Bisa Dongkrak Perfoma Mesin Motor?

Dalam video yang berbeda, terlihat juga orang yang tidak menggunakan seragam polisi melakukan perusakan pada knalpot motor pengendara yang melintas. Sementara itu, pengendara tersebut sedang diberhentikan oleh polisi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by '????????????????' (@e_p_p_b)

Shendy Achmad, pengendara Honda NSR150R, menjadi salah satu korbannya. Dia mengaku knalpotnya dirusak oleh oknum tak dikenal saat dirinya sedang diberhentikan oleh salah satu petugas.

"Saya dan teman-teman komunitas lainnya sedang melakukan rolling bulanan. Kita melaju tidak kencang, tidak arogan, safety riding juga. Sebab, sudah aturan dari komunitas juga kalau riding jauh, SOP harus dipenuhi. Masker, helm full face, sepatu, dan kelengkapan motor juga dilengkapi," ujar Shendy saat dihubungi Kompas.com, Minggu (3/1/2021).

Baca juga: Banyak yang Belum Paham Beda Knalpot Racing Slip On dan Full System

"Kami berkendara ke arah Ciater, pas belokan saya kira ada kecelakaan atau apa, banyak banget orang ngumpul. Eh, ternyata ada razia. Kebetulan saya diberhentikan oleh polisi, kemudian ditanyakan kelengkapan motor. Pas saya ambil dompet, langsung ada yang memukul knalpot," kata Shendy.

"Saya kan bingung. Saya tanya ke polisinya, salah saya apa? Polisinya cuma bilang, 'Udah... udah....' Pas saya lihat, knalpot sudah bengkok. Saya lihat lagi orangnya sudah tidak tahu ke mana," ujar Shendy.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by '????????????????' (@e_p_p_b)

Menurutnya, ada banyak pengendara motor yang mengalami nasib serupa. Dirinya menyayangkan ada oknum yang main hakim sendiri terhadap pengguna motor yang menggunakan knalpot racing.

Dalam unggahan video tersebut, banyak netizen yang mempertanyakan sikap polisi yang memukul motor pengendara menggunakan tongkat.

Tak sedikit juga yang menanyakan apakah dalam razia tersebut petugas dibekali dengan alat pengukur suara atau sound level meter (dB meter).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com