Usai Liburan, Ini Komponen Mobil yang Perlu Diperiksa

Kompas.com - 03/01/2021, 17:21 WIB
- -
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Liburan Natal dan Tahun Baru 2021 telah usai dan sebagian masyarakat tengah bersiap kembali beraktivitas secara normal pada Senin, 4 Januari 2021 mendatang.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan selama periode libur tersebut, patut memperhatikan beberapa komponen sebelum digunakan lagi. Terlebih jika mobil baru saja menempuh perjalanan cukup panjang.

Melansir keterangan resmi Auto200 pada Minggu (3/1/2021), sedikitnya ada enam sektor pada mobil yang patut diperhatikan mulai dari kaki-kaki, cairan di ruang mesin, sampai kebersihan kabin.

Baca juga: Malam Ini Diprediksi Puncak Arus Balik, Berikut Titik Rawan Macetnya

Ilustrasi ban mobilKOMPAS.com/Ruly Ilustrasi ban mobil

Ban

Ban merupakan komponen pertama yang perlu diperiksa karena menjadi bagian penting dalam sebuah kendaraan yang menghubungkan mobil dengan permukaan jalan.

Selama liburan, ban mobil bekerja keras menahan bobot kendaraan dan penumpang serta menerjang berbagai kondisi jalan yang tidak semuanya baik. Oleh karenanya, pemeriksa wajib periksa tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan.

"Perhatikan pula kondisi telapak dan dinding ban, serta bibir velg mobil. Jika ada yang mencurigakan, segera periksa ke bengkel. Tak lupa, cek ban cadangan," kata Cahaya Fitri Tantriani, CSD & Marketing Communication Dept. Head Auto2000, Minggu.

Oli Mesin

Mesin beroperasi dalam kondisi yang berat karena membawa banyak muatan selama perjalanan berlibur. Oleh karena itu, pastikan volume oli mesin masih sesuai takaran.

Perhatikan juga warnanya, jangan sampai berubah menjadi keruh, hitam pekat, atau seperti tercampur air. Jika memang demikian, Anda sebaiknya mengganti oli mesin dengan mengunjungi bengkel resmi terdekat.

Baca juga: Peraturan Pemerintah Nomor 76, Bikin dan Perpanjang SIM Bisa Gratis

Pelumas kendaraanwww.netwaste.org.au Pelumas kendaraan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X