Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Gawai Meledak di Dasbor Mobil

Kompas.com - 03/01/2021, 16:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini media sosial dikejutkan dengan video yang memperlihatkan gawai yang meledak di dasbor mobil. Video berdurasi 50 detik itu diunggah oleh akun @streetmannersindonesia.

Hal ini bukan yang pertama kali terjadi. Beberapa kasus seperti gawai hingga powerbank meledak di dalam mobil juga pernah menjadi penyebab mobil terbakar.

Baca juga: Malam Ini Diprediksi Puncak Arus Balik, Berikut Titik Rawan Macetnya

Terkait hal ini, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, pada dasarnya semua perangkat elektronik yang memiliki baterai dengan berbahan litium memang memiliki potensi untuk meledak.

“Tidak usah berbicara handphone atau powerbank, baterai ABC yang kecil saja sebenarnya tidak boleh di ekspos terhadap panas berlebih,” ujar Anjar belum lama ini kepada Kompas.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by streetmannersindonesia (@streetmannersindonesia)

Menurut Anjar, menaruh benda-benda tersebut secara sembarangan di dalam mobil memang bisa menjadi pemicu mobil terbakar.

“Khawatirnya jika benda tersebut di letakan di mobil untuk waktu yang lama. Jika mobil tersebut parkir mobil di tempat yang terik otomatis suhu di dalam mobil juga akan menjadi panas. Hal ini yang akan memicu benda tersebut meledak,” kata Anjar.

Baca juga: Sejarah Maserati yang Pernah Produksi Sepeda Motor

Anjar menambahkan, kebakaran besar yang terjadi pada mobil faktor utamanya justru bukan dari gawai yang meledak. Namun karena kecerobohan pengemudi yang menaruh gawai disembarang tempat seperti di jok mobil atau dasbor.

“Padahal ledakan gawai sebenarnya hanya menghasilkan pecikan api yang tidak terlalu besar, namun karena banyak komponen mobil yang mudah terbakar maka api cepat tersambar sehingga bisa sampai membakar seluruh mobil” kata Anjar.

Anjar berpesan sebaiknya pemilik mobil lebih teliti memastikan tidak ada barang yang tertinggal ketika akan memarkir mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com