Tabrakan Motor dan Mobil di Jalan Pedesaan, Ingat Lagi Berkendara Aman

Kompas.com - 02/01/2021, 08:42 WIB
Potongan video motor tabrak mobil INSTAGRAM/AGOEZ_BANDZ4Potongan video motor tabrak mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini tersebar video di Instagram yang diunggah oleh akun Agoez Bandz4. Video tersebut memperlihatkan motor yang melaju kencang dan menabrak mobil yang jalan ke arahnya.

Berdasarkan keterangan di video, kecelakaan ini terjadi di Desa Guyangan, Bangsri Jepara, Jawa Tengah, Kamis (31/12/2020). Melihat kecelakaan ini, tentunya pengendara seharusnya bisa mengatur kecepatannya saat mengendarai motor di jalan pedesaan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, dalam keselamatan berkendara, diajarkan juga soal kesadaran berkendara aman. Karena saat berkendara ada aturannya, jadi tidak boleh sembarangan.

Baca juga: Perusahaan Korsel Investasi Rp 137 Triliun untuk Pabrik Baterai Kendaraan Listrik

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jadi tidak boleh mentang-mentang punya keterampilan, terus di jalan raya ugal-ugalan. Dari video tersebut, tentu saja pengendara motor melakukan tindakan berbahaya karena berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan kampung atau kecil,” kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (1/1/2021).

Agus menambahkan, secara aturan, kecepatan maksimal di jalanan seperti tadi adalah 50 kpj. Menurutnya, mengendarai motor dengan kecepatan tinggi di jalan kecil sangat berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain.

Agus juga memberikan beberapa tips bagaimana seharusnya berkendara di jalan kampung. Pertama yaitu konsentrasi dan fokus ke depan, sehingga bisa mengantisipasi jalan dan obyek yang berbahaya.

Baca juga: Ayah Lorenzo Ungkap Penyebab Anaknya Sulit Taklukkan Ducati

“Biasanya jalan kecil rentan dengan situasi yang tiba-tiba. Misalnya seperti orang yang tiba-tiba menyeberang, anak kecil, sepeda dan lainnya,” ucap Agus.

Oleh karena itu menjaga kecepatan lebih rendah di jalanan kampung atau sempit dilakukan agar bisa mengantisipasi segala kemungkinan. Bisa dilihat dari video tersebut, pengendara motor mengebut dan kaget sehingga tidak bisa menghindari tabrakan dengan mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.