Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabrakan Motor dan Mobil di Jalan Pedesaan, Ingat Lagi Berkendara Aman

Kompas.com - 02/01/2021, 08:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini tersebar video di Instagram yang diunggah oleh akun Agoez Bandz4. Video tersebut memperlihatkan motor yang melaju kencang dan menabrak mobil yang jalan ke arahnya.

Berdasarkan keterangan di video, kecelakaan ini terjadi di Desa Guyangan, Bangsri Jepara, Jawa Tengah, Kamis (31/12/2020). Melihat kecelakaan ini, tentunya pengendara seharusnya bisa mengatur kecepatannya saat mengendarai motor di jalan pedesaan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, dalam keselamatan berkendara, diajarkan juga soal kesadaran berkendara aman. Karena saat berkendara ada aturannya, jadi tidak boleh sembarangan.

Baca juga: Perusahaan Korsel Investasi Rp 137 Triliun untuk Pabrik Baterai Kendaraan Listrik

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

 

“Jadi tidak boleh mentang-mentang punya keterampilan, terus di jalan raya ugal-ugalan. Dari video tersebut, tentu saja pengendara motor melakukan tindakan berbahaya karena berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan kampung atau kecil,” kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (1/1/2021).

Agus menambahkan, secara aturan, kecepatan maksimal di jalanan seperti tadi adalah 50 kpj. Menurutnya, mengendarai motor dengan kecepatan tinggi di jalan kecil sangat berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain.

Agus juga memberikan beberapa tips bagaimana seharusnya berkendara di jalan kampung. Pertama yaitu konsentrasi dan fokus ke depan, sehingga bisa mengantisipasi jalan dan obyek yang berbahaya.

Baca juga: Ayah Lorenzo Ungkap Penyebab Anaknya Sulit Taklukkan Ducati

“Biasanya jalan kecil rentan dengan situasi yang tiba-tiba. Misalnya seperti orang yang tiba-tiba menyeberang, anak kecil, sepeda dan lainnya,” ucap Agus.

Oleh karena itu menjaga kecepatan lebih rendah di jalanan kampung atau sempit dilakukan agar bisa mengantisipasi segala kemungkinan. Bisa dilihat dari video tersebut, pengendara motor mengebut dan kaget sehingga tidak bisa menghindari tabrakan dengan mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com