Arus Balik Libur Nataru Masih Lancar, Kecepatan Bisa Sampai 90 Kpj

Kompas.com - 03/01/2021, 09:01 WIB
Ilustrasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021 JASA MARGAIlustrasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Libur natal dan tahun baru (Nataru) hampir mencapai penghujungnya. Namun arus balik lalu lintas rupanya terbilang lancar, bahkan kecepatan kendaraan yang terpantau di beberapa titik masih cukup kencang.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan, mengatakan, peningkatan arus diperkirakan akan terjadi mulai Sabtu malam (2/1/2021) sampai Minggu (3/1/2021).

Meski begitu, sejauh ini kondisi pantauan lalu lintas masih terbilang ramai lancar. Belum ada kemacetan atau kepadatan berarti.

Baca juga: Prediksi Motor Baru yang Akan Meluncur Sepanjang 2021

Gerbang Tol Cikampek Utama 1, Jalan Tol Jakarta-CikampekJasa Marga Gerbang Tol Cikampek Utama 1, Jalan Tol Jakarta-Cikampek

“Di KM 62 arah menuju Jakarta, dari Cikampek Utama maupun arah Kalihurip Utama, Bandung, Jawa Tengah menuju arah Jakarta untuk arus balik kita lihat kecepatan kendaraan masih cukup kencang antara 80-90 kpj,” ucap Rudi, dilansir dari laman NTMC Polri.

Tak hanya kondisi arus lalu lintas yang terlihat lancar, kondisi di sejumlah rest area pun terlihat cukup lengang dan kosong.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Hari ini masih normal, jika pun ada peningkatan hanya sekitar 2-3 persen.” tambahnya.
Selain melakukan pantauan di Tol Cikampek arah Jakarta, Rudi juga mengecek arus lalu lintas di ruas Tol Cikupa-Tangerang.

Baca juga: Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Bikin Indonesia Naik Kelas

 

Ilustrasi arus lalu lintas di ruas tol Tangerang-Merak.DOK. ASTRA TOL Ilustrasi arus lalu lintas di ruas tol Tangerang-Merak.

Ternyata untuk kendaraan yang berasal dari arah Sumatera lebih tinggi kepadatannya ketimbang kendaraan-kendaraan dari Jawa Tengah ataupun Jawa Timur.

“Di Gate Tol Cikupa, kendaraan dari arah Sumatera kemudian dari arah Cilegon, Serang, Banten, arus wisata dari arah Anyer ini sudah mulai nampak peningkatan arus. Kita lihat ada antrian sepanjang 200 meter ke belakang,” ujar Rudi.

Walau demikian, ia mengatakan jika kondisi arus lalu lintas terbilang masih normal lancar. Petugas pun telah menambahkan gate tol untuk memperlancar arus kendaraan.

“Jadi mulai hari ini mulai ada peningkatan untuk arus balik namun belum signifikan. Ini akan kita prediksi nanti malam (2/1/2021) sampai besok (3/1/2021) itu puncak arus balik khususnya kendaraan dari arah Sumatera, Merak, menuju Jakarta,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.