Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Malam Tahun Baru Jalur Puncak Ditutup

Kompas.com - 27/12/2020, 07:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polres Bogor dan Cianjur menegaskan akan menutup Jalur Puncak, Jawa Barat selama 12 jam saat malam pergantian Tahun Baru 2021 mendatang.

Kendaraan yang melaju dari arah Jakarta dan Cianjur disarankan untuk menggunakan jalur alternatif agar terhindar dari kemacetan ketika rekayasa diberlakukan.

"Jadwal penutupannya mulai pukul 18.00 WIB pada 31 Desember 2020 sampai pukul 06.00 WIB di 1 Januari 2021," kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Bogor, Iptu Dicky Anggi Pranata, Sabtu (26/12/2020).

Baca juga: Selama Libur Natal, 483.072 Kendaraan Keluar dari Jakarta

Antrian kendaraan di jalur Puncak Cianjur saat diberlakukan onewayKOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Antrian kendaraan di jalur Puncak Cianjur saat diberlakukan oneway

Adapun jalur alternatif yang disediakan agar bisa dilintasi masyarakat saat penutupan ialah Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cariu-Cikalang dan berakhir di Kabupaten Cianjur.

"Jarak tempuh 87 kilometer dengan estimasi waktu sekitar 3 jam," ujar dia.

Alternatif kedua, lanjut Dicky, melalui Tol Bocimi, keluar di Cigombong, kemudian melitasi Kabupaten Sukabumi-Kota Sukabumi-Cianjur dengan jarak 88 kilometer dan estimasi waktu tempuh 3 jam 41 menit.

"Ini dilakukan agar mengurangi kepadatan lalu lintas dan mencegah penyebaran Covid-19 di Jalur Puncak pada Malam Tahun Baru 2021," paparnya.

Baca juga: Ini Rasanya Naik Bus PO Mulyo Indah dengan Kursi Double Leg Rest

Giat penyekatan wilayah perbatasan di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, yang dilakukan beberapa waktu lalu menyusul pemberlakukan PSBB di wilayah Jabodetabek, beberapa waktu laluKOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Giat penyekatan wilayah perbatasan di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, yang dilakukan beberapa waktu lalu menyusul pemberlakukan PSBB di wilayah Jabodetabek, beberapa waktu lalu

Pada kesempatan sama, ia juga menyatakan bahwa Poltes Bogor memberlakukan sistem satu arah alias one way dengan jadwal pagi hari untuk memprioritaskan kendaraan ke atas atau Jakarta menuju Puncak atau Cianjur.

"Lalu pada siang sampai sore hari, kami prioritaskan kendaraan dari arah Puncak ke Jakarta atau Bogor (arah sebaliknya). Jadwal ini masih bersifat tentatif tergantung kondisi di lapangan," tutup Dicky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com